Home » , , » Membuat Soal Secara Online Tanpa Koreksi Jawaban

Membuat Soal Secara Online Tanpa Koreksi Jawaban


Ikhwan fillah, semoga Allah masih beri antum kesehatan dan kesehatan. Insya Allah. Untuk postingan kali ini, ana ingin sharign/irsal (bahasa arab) untuk antum semua soal bagaimana membuat soal secara online beserta jawabannya. kenapa kita mesti buat soal model gaya ginian. Ya, tidak lain kita ingin agar kerjaan kita lebih cepat tidak memakan  waktu banyak. Terutama untuk mengoreksi jawaban siswa/santri. Lebih-lebih jika siswanya mencapai ratusan atau ribuan, pasti tentu kerepotan mengoreksinya.

Siang ini ane mau beri tips cepat mengoreksi terutama untuk pilahan ganda dan jawaban singkat. Soal yang kita buat nanti adalah pilihan ganda. Misalkan kita akan membuat 50 soal-100 soal. Maka dengan mengetahui cara buat soal online akan lebih mudah kita dapatkan nilai siswa tanpa kita koreksi.

Dunia dengan perkembangan teknologi serba kilat, menuntut khususnya para pendidik mengikuti zaman modern sekarang ini. Bisa tak bisa adalah wajar, tapi perlu belajar dan berusaha beradaptasi dengan teknologi. Guru dengan jumlah peserta didik yang mencapai ratusan bahkan ribuan orang tidak perlu khawatir habis waktu dengan mengoreksi jawaban mereka. Sekarang sudah ada alatnya secara online membantu antum dalam menyelesaikan tugas dengan cepat. Untungnya lagi kita bisa berbuat lebih banyak sambil menunggu para santri/siswa menjawab soal secara online.

Nah...dari sekilas pandangan di atas, sudah saatnya antum menggunakan fasilitas ini di dalam dunia pendidikan. Jika Anda seorang guru SD,SMP,SMA atau dosen sudah sepantasnya membuat soal bergaya online. Tidak pake manual lagi, cukup capeeeeee koreksinya. Khawatir juga mengambil jalan pintas, karena saking banyaknya soal yang dikoreksi akhirnya langsung membuat nilai tanpa koreksi lagi...waahhhh jangan...^^

Adapun fasilitas yang ane  maksud yaitu membuat soal online dengan GOOGLE DRIVE. Yuk langusng pada pembahasannya...^^


  1. Masuk akun ke gmail.com terlebih dahulu lalu klik disini untuk masuk ke google drive Anda.
  2. Jika masih berbahasa inggris , ubahlah ke dalam bahasa indonesia untuk memudahkan Anda dalam mengikuti tutorial ini.
  3. Setelah  jendela terbuka, pilih 'baru', terus ' lainnya' dan pilih ' google formulir'. 
  4. Tulisan " Formulir Tanpa Judul " isi dengan jenis soal, contoh : " Ulangan 1 Akidah Ahlak ", lalu isi deskripsi formulir yang menjelaskan maksud judul di atas atau isi nama sekolah dan alamatnya dengan lengkap atau juga isi sesuai keinginan Anda yang terpenting masih berhubungan dengan soal. Adapun contoh deskripsi yang saya buat " Jl. Cilacap III , Bathupat .
  5. Klik setting , klik tanda roda gerigi disamping kiri 'KIRIM' bagian atas kanan jendela. 
  6. Setelah di klik , di dalam ' setelan' ada bagian ' umum, presentasi dan kuis ". 

  • Pada bagian umum : pilih/centang ' batasi ke 1 tanggapan', artinya peserta ujian harus masuk ke google dengan akun yang dimilikinya. Namun jika kita tidak ingin mereka masuk terlebih dahulu karena mengingat waktu yang diberikan dan karena mereka mungkin belum punya akun gmail, maka sebaiknya tidak dicentang.
  • Bagian presentasi dikosongkan semua dan untuk ' konfirmasi ' kepada siswa yang selesai menjawab ,kita isi dengan berita atau kalimat agar siswa mengetahui bahwa hasil pekerjaanya sudah diterima. Contoh kita tulis dengan berita ' jawabanmu telah diterima '. atau dengan menyertakan nama Anda sebagai guru, seperti ' Jawabanmu telah pak guru terima'  atau juga dengan bahasa yang lebih halus lagi , seperti ' Terimakasih, Jawabanmu sudah pak/bu guru terima dengan baik'. Kemudian klik ' SIMPAN' di bawah jendela.
  • Bagian Kuis : kita geser tanda pada kalimat' jadikan ini sebagi kuis' ke kanan, hingga warnanya menyala. Pada opsi kuis untuk ' nilai rilis' pilih nanti setelah peninjaun ulang , artinya siswa tidak  langsung melihat nilainya dan membuat mereka tambah penasaran sambil mungkin diberi kesempatan berdoa lagi agar mendapat hasil yang memuaskan, he he. Kemudian centang  pada bagian 'responden dapat melihat ' : ke-1. pertanyaan tak terjawab dan ke-2. nilai poin. Lalu klik ' SIMPAN'. 
Sekarang.... saatnya membuat soal. Siapkan perntanyaan dan jawaban Anda untuk tiap soal yang tersimpan di pikiran Anda. Kemudian tuangkanlah semua soal dan jawabannya. he he

Langkah pertama :
  1. Setelah melakukan pernyimpanan pada ' setelan' , maka kita akan dibawa kembali kepada halaman pembuatan soal.
  2. Berilah judul mata pelajaran yang Anda ampu selama ini dan jangan lupa isi juga deskripsinya seperti yang saya jelaskan di atas.
  3. Buatlah NAMA LENGKAP & KELAS dengan mengeKlik bagian tanda + untuk menambah bagan berikutnya. lalu pilihlah ' jawaban singkat', lalu geser ke kanan hingga warna menyala yang terletak disamping kanan tulisan ' wajib diisi' bagian bawah. dan abaikan saja bagian ' KUNCI JAWABAN' karena siswa hanya mengisi nama mereka dan kelasnya tidak membutuhkan jawaban dari kita. Cuma kita mewajibkan mereka mengisi nama dan kelasnya saja.
  4. Kemudian buatlah soal NO.1 dengan mengeKlik tanda + untuk membuat soal dan  jawabannya. Jika Anda ingin membuat soal PILGAN maka pilihlah  ' kontak centak' atau ' pilihan ganda' pada plihan jenis soal. Atau jika Anda membuat soal essay maka Anda  memilih ' jawaban singkat', maka kunci dari tiap soal essay tersebuat sebaiknya mengandung satu kata saja. Dengan tujuan memudahkan Anda dalam menilai. Dan perlu diketahui bahwa seluruh jawaban siswa akan dinilai secara otomatis oleh mesin goole. Kita hanya mengopy paste saja di kolom penilaian yang telah dibuat di komputer kesayangan.
  5. Berilah poin yang terletak di samping kanan soal untuk soal PILGAN atau ESSAY sesuai kriteria bobot soalnya, jika ringan ,sedang dan sulit diserahkan kepada Anda selaku pendidik. Atau lebih mudahnya jika semua poin nilainnya sama pada tiap soal. Ini terkhusus pada PILGAN dengan jumlah poin tiap soalnya sama. Atau juga bisa berbeda, ini diserahkan sepenuhnya pada Anda yang membuat soal.
  6. Dalam membuat soal PILGAN kita dapat menambahkan gambar file sesuai dengan kriteria soal yang dibuat. Maka soal dengan tambahan gambar akan menambah siswa berfikir dan menganalisis gambar yang sesuai dengan maksud tiap soal.
  7. Setelah semua soal selesai dibuat dan dirasa cukup, maka yang terakhir kita copy link dan pastekan di postingan blog kita atau dimanapun seperti gorup kelas facebook, WA, Twitter dan sebagainya. Cara mendapatkan link soalnya dengan mengklik kiri pada tanda ' titik tiga' di bagian atas kanan layar komputer. lalu pilih dan klik ' Dapatkan link yang sudah terisi ', kemudian Andan akan dibawa ke jendela baru berupa link soal yang sudah Anda buat. Lalu tinggal kopy saja dengan klik 2 kali pada alamat tersebut. Kemudian kabarkan kepada siswa bahwa soal Anda sudah bisa dikerjakan dan tentukan hari ujiannya. SELAMAT SOAL  ANDA SUDAH JADI.
Yuk mampir sebentar contoh soal yang saya buat : 


Sekedar Informasi tambahan :

* Pada tiap soal kita bisa tambahi gambar dan video lewat youtube dengan mengkopy pastekan URL( alamat videonya) atau juga bisa dengan melakukan penelusuran melalui kata kunci. Maka disana akan memunculkan puluhan bahkan ratusan pilihan videonya. Tentu soal seperti ini akan makin terlihat menarik bagi siswa untuk mengerjakan soal karena terisi media seperti gambar dan video.


*Untuk selanjutnya seperti membuat ' kunci jawaban'  dan ' memberi poin tiap ' tiap soal, akan kami jelaskan untuk postingan berikutnya....sabar ye..^^

Di situs lain juga banyak menyertakan yang semisal seperti gambaran di atas, Anda bisa kunjungi situs-situs tersebut. Pilih mana yang paling mudah untuk Anda lakukan pertama kali dan berkelanjutan. Menurut hemat saya sih, kayaknya melalui formulir google drive ini lebih mudah untuk bagi pemula. Dengan pilihan teknik jawaban yang mudah , dan mendapatkan hasil tercepat dari nilai para siswa. Cara downloadnya pun lebih dinamis, tidak berbelit. Ada sebuah situs yang pernah saya kunjungi terbilang susah melakukan pekerjaan pengisian soal berbasis online. Cukup banyak yang mesti saya tulis, baik dari registrasinya maupun saat setingan soaln dan kunci jawabannya. Pokoknya cukup ribet...pusing....bikin kepala keliling-keliling deh. Tapi kayaknya perlu dicoba juga suatu saat nanti akhi fillah. 


Jangan lupa komentarnya & sharing ...😊😊 sukaron katsiran sudah kunjung.

TONTON VIDEO TUTORIALNYA !!.....^^



Thanks for reading & sharing Sajian Guru Blogger

Previous
« Prev Post

2 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

Cari Info

Ikuti Info Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Label

Total Tayangan

Post Populer

Ikuti Blog Ini