Home » » Membuat poin, kunci jawaban dan download nilai

Membuat poin, kunci jawaban dan download nilai

Bismillah..
assalamu'laikum..akhi fillah pembaca setia blog ini. Untuk postingan yang ini adaah lanjutan post kemarin soal ' Buat Soal Online Tanpa Koreksi Jawaban ' . Sebagai lanjutan dari materi buat soal online tanpa koreksi jawaban pada kesempatan ini kami berikan tips bagaimana membuat poin, kunci jawaban per-soal dan mendownload hasil kerja siswa/ mahasiswa.

Langkah ini harus kita lakukan saat ingin menjadikan soal menjadi lengkap seperti soal-soal manual biasa. Hanya saja soal online ini disertakan fasilitas poin tiap soal, kunci jawaban dan soal dengan otomatis dikoreksi oleh mesin google ini. Wah gampang dan mudah kan...sangat jauh berbedaa loh dengan soal manual yang dikertas, jawaban siswapun kita koreksi sendiri yang bisa memerlukan waktu yang lama hingga 4 hari berkelanjutan. Apalagi siswanya mencapai ribuan, wah cape deh..4 hari untuk koreksi soal. rasanya bosan mas..

Kini sudah hadir di depan Anda semua, soal online dengan jawaban siswa yang dikoreksi otomatis oleh mesin google. Maka tidak ada lagi coret-coret di kertas jawaban siswa kita. Disamping memerlukan pena, kursi, meja dan tinta, walah nampaknya banyak lah yang disediakan apabila mengoreksi manual. Maka sudah saatnya kita menggunakan fasilitas ini sebagai metode terobosan baru dalam mengoreksi soal. Tidak pake lama mas..guru/bu guru.

Untuk menjadi ahli dalam pembuatan soal dengan jawaban otomatis ini perlu banyak latihan membuat soal. Latihan 2-3 kali saya rasa cukup untuk menguasai tipe soal online gaya begini. Mari kita lanjutkan bagaimana membuat poin,kunci jawaban dan mendownload jawaban siswa. Mari ikuti tutorialnya sebagai berikut :

  1. Login ke https://drive.google.com/drive/, Klik dua kali pada formulir yang Anda buat. Jika sudah terbuka jendela, 
  2. 'KLIK sekali pada ' kunci jawaban (0 poin) '. Maka akan terbuka jendela baru, isilah poin angka yang berada di samping kanan soal. Misal kita tulis poinnya = '2' , dan pilih jawaban sesuai soal dengan cara "KLIK SEKALI" pada bulatan atau kotak centang. Dengan otomatis perubahannya tersimpan dengan sendirinya.
  3. Lakukan yang demikian pada soal pertama untuk pertanyaan berikutnya hingga selesai. Dan disebelah KUNCI JAWABAN geserlah ke kanan hingga menyala agar soal ini wajib dikerjakan. Jika ingin menambah soal ke-2 maka klik saja pada TANDA + disamping kanan soal. Klik sekali, maka akan keluar font untuk soal baru.
  4. Adapun mendownload jawaban siswa berada pada ' tanggapan' . Di dalamnya akan ada jumlah tanggapan dari siswa yang menunjukan jumlah siswa yang sudah mengirimkan jawabannya. Dengan mengeklik ' tanggapan ' maka akan muncul gambaran siswa yang sudah menjawab soal Anda. Dan jika ada dari satu siswa yang mempunyai angka 2 itu bertanda bahwa siswa tersebut telah melakukan dua kali pengisian. Dengan kejadian ini kita bisa memilih jawaban pertama yang dikirimnya.
  5. Cara download nilai mereka adalah dengan klik kiri sekali pada TIGA TITIK VERTIKAL tepat sebelah kanan tanda palang. Lalu pilih ' download tanggapan ( .csv)'. Maka dengan otomatis file .csv terdownload di unduhan komputer kesayangan Anda. 
  6. Lalu extract here' dan klik dua kali pada file hasil extract untuk melihat sejumlah nama siswa dan nilai mereka. Dalam file.csv ini akan nampak secara lengkap tentang tanggal dan waktu/jam para siswa mengerjakan soal.
  7. File .csv walaupun bisa dibuka dengan klik 2 kali, namun belum bisa diprint atau belum bisa kita kopy paste di ms word atau ms excel. Untuk bisa terbuka dengan jenis file .xls, atau .xlsx maka perlu kita buka melalui bantuan excel. 
Cara mengimpor dari file .csv ke xls atau .xlsx dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Buka excel baru, lalu pilih 'file' ----> 'open'(Ctrl+O) ---> pilih file .csv ----> ' Open'. Maka dengan otomatis file. scv bisa langsung terbuka dan bisa diprint. Bisa juga Anda buka melalui excel online, klik https://www.google.com/sheets/about/, ( Anda sudah membuka akun Gmail terlebih dahulu) ubah ke bahasa Indonesia di bagian kanan paling bawah layar, lalu pilih ' spreadsheet' lalu klik ' buka google spreadsheet '. 
  • Setelah terbuka jendela baru , klik tanda '+' di bawah kanan layar, klik sekali maka terbuka , pilih file----> buka (open) ----> upload ---> open. Maka dengan sendirinya file .csv akan terbuka secara otomatis. Dan jika Anda mengopy  nama dan nilai siswa, dan keluar kata ' install' , maka klik ' install'. Itu diperlukan jika ingin mempastekan pada excel di komputer Anda. 
  • Pada akhirnya file ini bisa diprint dan bisa langsung dibagikan secara online pada siswa.

Jika ini bermanfaat , maka share dan bagikan artikel ini agar semua pendidik terbantu membuat soal online dengan mudah. 




Baca juga artikel ini :

menyimpan data secara online dengan google drive
membuat soal online tanpa koreksi jawaban
memberi poin, kunci jawaban dan download nilai
Trik buka banyak akun Gmail sekaligus
Buat Email Gratisan dengan Gmail

Thanks for reading & sharing Sajian Guru Blogger

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

Cari Info

Ikuti Info Terbaru

Powered by Blogger.
  • ()
  • ()
Show more

Labels

Total Tayangan

Post Populer

Ikuti Blog Ini