Home » , , » Mengatur Dasboard Blog

Mengatur Dasboard Blog


Pada kesempatan ini kami ingin melanjutkan bab kemarin mengenai " Membuat Blog Dalam hitungan Menit " yang semestinya tidak cukup sampai di sini saja. Langkah berikutnya adalah mengatur dasboard blog kita yang fungsinya agar cepat terindek oleh mesin google di kotak pencarian.

Kenapa kita perlu mengatur blog ? Ya itu wajar saja lah...karena semua konsep kerja juga perlu diatur apalagi setingkat blog. Ya pasti tentu harus kita atur sesuai keinginan masing-masing pemilik blog. Salah satu blog dibilang bagus ialah teratur dengan baik, baik dalam masalah pengaturan dasboard , templatenya dan ukuran tampilan blognya. Dengan mengatur blog dengan baik , maka blog kita terkesan profesional. Lebih-lebih kita sering menambah dan mengedit yang sudah kita atur. Pekerjaan beginian akan menambah cepat terbacanya blog kita di mesin pencarian google. 

Nah..bagaimana sih mengatur sebuah blog agar cepat terindexs di mesin pencari google ? mau tahu yah...ikuti tutorial di bawah ini :

  1. Buka dulu blogger.com, dengan klik link ini akan di bawa langsung ke dasboard.
  2. Disebelah kiri layar komputer, itulah tempat kita mengatur blog.
  3. Pilih ' setting' atau ' setelan' yang bergambar roda. 
  4. Atur dasar meliputi judul,deskripsi dan https berlaku jika Anda membeli domain dari pihak ke-3.
A. Pengaturan Dasar :
*  Judul : Isilah judul halaman dengan judul yang baru jika diperlukan
* Deskripsi : Penjelasan singkat dari judul halaman yang sudah kita buat. Seperti " Blog ini menyajikan informasi terkini seputar pendidikan ", pengisian kata-katanya tidak lebih dari 500 huruf maupun tanda.
* Privasi : pada bagian ini pilih 'ya' semua, lalu klik ' simpan perubahan'.
* Penulis Blog : Jika ingin Anda tambahkan penulis email lain, silahkan ditambah email tersebut dengan cara mengeklik ' tambahkan penulis' , lalu isi email yang ingin kita ajukan. Kemudian klik ' Undang penulis ', nanti akan ada pemberitahuan konfirmasi apakah ia bersedia menjadi penulis di blog kita atau tidak. Keuntungan di sini, ialah blog kita bisa banyak terisi dengan berbagai tulisan dari penulis baru. Itu juga menghemat waktu bagi penulis utama. Penulis dari email yang kita tulis akan menerima pemberitahuan yang isinya seperti dibawah ini :

Pelanggan yang terhormat,
Pesan ini bertujuan memberitahukan bahwa ألإمام صُبْحِيْ telah mengundang Anda untuk berkontribusi pada blog miliknya, "Sajian Guru BLOGGER ^^". Untuk menerima undangan ini, klik tombol di bawah ini.
Penting: Anda harus masuk dengan Akun Google untuk menerima undangan dan mulai berkontribusi pada blog ini. Jika Anda tidak punya Akun Google, Anda dapat membuatnya di sini.
Selamat menikmati aktivitas blog Anda,
Tim Blogger

Ketika ia menerima undangan Anda, maka seluruh aktivitas blog Anda juga bisa direhab dan diatur oleh ia. Tentunya dalam hal ini privasi kita tidak rahasia lagi karena sudah ada campur tangan pihak lain. Mungkin penulis lain bisa ditambahkan dengan email keluarga sendiri seperti istri Anda...he he ^^
* Pembaca Blog : pada bagian ini pilih ' publik', setelah mengatur setelan dasar , maka klik ' simpan perubahan ' di bawah layar. 

B. Pengaturan Postingan :
* Tampilkan sebanyak mungkin : maksudnya adalah jumlah postingan yang akan tampil depan halaman blog., seperti tampilan blog saya hanya 8 postingan pertama. Lihat gambar di bawah . www.gurukublogger.com

* Tampilkan gambar dengan lightbox : Pilih ' ya ' , apa itu lightbox ? Baca di sini 


C. Pengaturan Komentar :


  • Siapa yang dapat mengomentari : pilih 'semua orang '
  • Moderasi komentar : Moderasi artinya tiap komentar apakah ingin dicek terlebih dahulu atau tidak, jika pilih ' selalu ' , maka tiap komen akan dikirim terlebih dahulu ke email blog Anda. dan jika pilih kadang-kadang , maka komennya dikirim kadang-kadang juga, demikian jika Anda pilih ' tidak pernah ' , artinya tiap komen orang akan langsung masuk tanpa ada pengfilteran dari Anda sebagai pemilik blog. Disarankan (menurut saya ) pilihlah ' selalu' , karena untuk mengurangi komen yang diluar jalur tema isi postingan.
  • Kirim email permintaan untuk moderasi : isilah dengan email khusus milik Anda jika ada komentar dari salah satu pengunjung
  • Klik simpan

D. Pengaturan Email :
  • mempublikasukan entri menggunakan email : pilih ' dinonaktifkan saja'
  • email notifikasi komentar : artinya jika ada komentar di blog maka akan dikirimkan ke email yang kisa isi hingga 10 email
  • email postingan ke : artinya tiap postingan baru dengan otomatis akan dikiri ke email tersebut. Dalam hal ini kita diberi kesempatan mengisi hingga 10 email.
E. Pengaturan Bahasa & Penformatan : bebas Anda pilih

F. Preferensi Penelusuran :
  • Tag meta : pilih aktifkan deskripsi penulusuran, artinya dengan ini membantu pengunjung mengeklik blog Anda dari hasil pencariannya di mesin pencari goolge. Dengan mengisi deskripsi yang menarik untuk sebuah blog maka biasanya para pengunjung mencoba mengeklik kalimat yang kita isi di kolom tag meta. Istilahnya ulasan singkat mengenai blog Anda.
G. Pengaturan Lainnya :
  • Aktifkan tautan judul dan tautan lampiran : pilih 'ya'
  • Konten Dewasa : pilih "tidak" , kita ingin semua usia bisa membaca postingan tanpa pengunjung harus membaca ultamatum terlebih dahulu seperti ' peringatan konten'. Jika ingin mencobanya silahkan saja, itu tergantung ide dan kreasi Anda.
H. Pengaturan Setelan Pengguna :
  • Bahasa di blogger : pilih ' bahasa indonesia
  • Pengumuman Fitur : pilih ' ya ', tujuannya mendapatkan informasi fitur terbaru, saran dan info lain guna membantu memaksimalkan blog kita. Dan secara otomatis Anda akan bergabung dengan milis google dan menerima beberapa pesan dalam setahun. Info semacam begini bisa dihentikan kapan saja Anda mau.
Mungkin cukup sampai disini dulu, pengaturan dasboard blog yang fungsinya mempercepat terindexnya sebuah blog di mesin pencari google. Jika postingan ini bermanfaat kami persilahkan ikut berbagi ke teman-teman dan keluarga Anda.

Dan jika Anda senang pada blog ini dan ingin mengikuti dengan otomatis ke email, segera daftarkan saja di blog ini dengan cara mengisi email di sumbit blog halaman depan atau di bawah artikel ini.

Sampai jumpa kembali di postingan berikutnya..^^
ditunggu komentarnya..








Thanks for reading & sharing Sajian Pendidikan Guru

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

iklan google

pencarian

  • ()
  • ()
Show more