Home » , , » 8 Fasilitas Yang Didapatkan Saat Blogging di BLOGGER.COM

8 Fasilitas Yang Didapatkan Saat Blogging di BLOGGER.COM


Dunia blogging sangat banyak diminati oleh kebanyakan orang di segala penjuru dunia. Dengan kepentingan yang berbeda saat blogging di internet memberi kesan tersendiri bagi tiap pengunjung dan pemilik blog tersebut. Anda dan saya pun juga begitu, aktivitas blogging bisa dibilang sebagai hobi yang menyenangkan khususnya bagi kita yang doyang nulis. Banyak dari kawula muda yang menyempatkan dirinya menulis di blog hanya sekedar berbagi pengalaman dan informasi terkini yang ia dapatkan. Kenapa banyak muda yang suka nulis, sudah menjadi kewajaran bagi mereka yang masih memiliki kemampuan berfikir dan bekerja sekuat tenaga demi menghasilkan sebuah karya. Andakah masih muda, maka menulislah !!

Ternyata blogging itu mudah dan menyenangkan bagi kita yang suka nulis dan coret-coret di internet. Asyiknya lagi kalau tulisan kita ini dibaca banyak orang dan disebarkan oleh mereka. Makin positif tulisan kita karena mereka sudah pasti makin banyak pula kebaikan yang kita dapatkan dengan hitungan detiknya. Dunia blogging di Indonesia khususnya sudah menjamur, para blogger demi mengejar sesuatu yang diharapkan mereka mampu menulis artikel 2-3 dalam sehari. Dan ada juga yang sampai 10 artikel. Ma sya Allah,..luar biasa. Dari hasil ide dan pikiran yang kreatif mampu mengeluarkan rentetan kalimat ulasan yang menarik bagi pembacanya. Saat kita memilih dunia blogging untuk mengasah pikiran dan nalar kita, maka kita hendaknya serius menanganinya. Bukan sekedar coba-coba. Karena hasil yang didapat dari sekedar coba-coba, ya ,,,hasilnyapun rendah dimata orang yang membaca tulisan Anda. 

Untuk memblogging cukup mudahm kita memilih perangkat untuk menulis di dalam sebuah blog. Contohnya saja kita tulis melalui blogger.com. Disana kita akan banyak dapatkan fasilitas penulisan yang bisa dibilang cukup untuk menulis sebuah artikel atau postingan. Nah..apa saja sih yang didapatkan dari blogger.com ?? Yuk mari simak lebih lanjut 

Fasilitas yang di dapat ada 8 (delapan) , yaitu :

(1) Postingan (inti utama)
Postingan bisa dibilang hal yang utama dalam sebuah blog. Tanpa postingan atau artikel sebuah blog tidak bernilai apa-apa. Maka disinilah Anda berusaha maksimal untuk menciptakan sebuah postingan yang menarik dan berkualitas sehingga pembacanya pun betah membaca karya tulisan Anda hingga habis. Dalam ' postingan ' dari blogger.com kita difasilitasi dengan :
  • Halaman untuk menulis.
  • kolom judul artikel yang akan muncul paling atas dengan tulisan mencolok besar.
  • menu-menu yang memadai seperti tanda undo, teks tulisan (heading,subheading,minor heading dan normal) , huruf tebal (blod) , huruf miring( italic) , garis bawah huruf (underline) , huruf dicoret (strikethrough), warna teks (color), warna latar belakang teks (text background color) , tautan (link), insert gambar , insert video, insert karakter , insert baca selanjutnya, rataan kiri, rataan kanan, rataan tengah, rata kanan kiri , numbered list, bullet list, tanda quote , format dihapus, periksa ejaan (check spelling) , translite bahasa , kanan ke kiri dan kiri ke kanan.
  • Ditambah juga setelan entri (post) dengan label, jadwal, link, lokasi ,deskripsi penelusuran dan pilihan.
(2) Statistik
Statistik dalam dunia blogging merupakan fasilitas yang diberikan oleh blogger untuk melihat perkembangan kunjungan dan trafik blog. Dalam statistik akan ditampakan jumlah tayangan (artikel yang dibaca oleh pengunjung) dalam tiap harinya, mingguan, bulanan dan jumlah keseluruhan. Dan sumber lalu lintas juga ditampilkan di dalam statistik, artinya sumber dari mana sejumlah artikel blog kita diklik. Jika Anda mensharing lewat medsos, maka jika ada yang mengeklik tautan artikel tersebut maka akan tampil sumber lalu lintasnya dari medsos tersebut seperti facebook.com dan lainnya. Ada pula penampilan penayangan menurut negara, browser seperti chrome,safari, firefox, internet explorer,  dan penayangan menurut sistem operasi seperti iphone, android, windows , linux dan macinthos.

Dalam statistik terbagi menjadi 4 bagian , diantaranya ikhtisar, postingan, sumber lalu lintas dan pemirsa. Berikut adalah contoh dari 4 bagian statistik 

1. Ikhtisar 
Penayangan hari ini
31
Penayangan kemarin
75
Penayangan bulan lalu
1.291
Histori penayangan sepanjang waktu
1.650
Pengikut
0


2. Postingan

3. Sumber Lalu Lintas :

4. Pemirsa : 

Contoh pemirsa dari Negara :

Indonesia
198
Amerika Serikat
77
Ukraina
9
Singapura
7
Peru
4
Prancis
3
Irlandia
3
Tiongkok
2
Rusia
2
Jerman
1

Contoh Penayangan dari Browser :
Chrome
155 (49%)
Safari
53 (16%)
Firefox
46 (14%)
Opera
27 (8%)
Internet Explorer
26 (8%)
Mobile
5 (1%)
BingPreview
2 (<1%)
Mobile Safari
1 (<1%)

Contoh Penayangan dari Sistem Operasi :
EntriPenayangan
Android
102 (35%)
Windows
95 (32%)
iPhone
47 (16%)
Macintosh
32 (11%)
Linux
12 (4%)

(3) Komentar
Dalam bagian ini kita akan ditampilkan setiap komentar dari para pengunjung yang menulis komentar pada postingan blog kita. Pada bagian ini tersedia fasilitas : diterbitkan (jumlah komentar yang kita setujui untuk ditampilkan di bawah postingan) ,  moderasi komentar (menungu persetujuan kita apakah komentar tersebut layak untuk diterbitkan atau tidak) dan komentar spam ( sampah komentar dari hasil mesin robot atau dengan cara yang lain. Pada komentar ini seringlah kita mengecek, karena hal ini sangat mempengaruhi kinerja blog yang kita gunakan. Terkhusus pada kasus komentar SPAM yang mesti harus kita delet atau hapus. Jangan dibiarkan melengket di bagian komentar ini. Karena bisa jadi blog kita akan dihapus oleh google gara-gara kita merawat komentar SPAM.

(4). Kampanye
Pada bagian ini adalah bagian promosi blog yang disebut AdWords. Iklan AdWords yang Anda pasang akan tampil disamping bagian penelusuran mesin google. Namun promosi ini tidaklah gratis alias Anda harus membayar sekian sesuai ketentuan. Bagus juga sih blog Anda makin terkenal di mesin google. Promosi ini sangat membantu mengenalkan blog Anda dalam menaikkan trafik blog Anda. Dengan metode promosi berbayar akan lebih cepat menempatkan blog Anda berada di halaman pertama di mesin google karena makin ramenya orang yang berkunjung dan mengeklik halaman postingan blog Anda. Sudah menjadi penentuan, promosi yang berbayar akan lebih cepat naik trafiknys ketimbang promosi dengan metode gratisan seperti kebanyakan situs yang menyediakan fitur promosi gratis, seperti iklan baris. Promosi berbayar begini sangat cocok bagi sebuah blog yang fungsi utamanya untuk bisnis.

(5). Halaman
Halaman pada sebuah blog di blogger.com berfungsi untuk menambah halaman blog. " Halaman" di sini tentunya berbeda dengan postingan biasa. Halaman biasanya digunakan untuk menempatkan privacy policy (kebijakan pribadi), disclaimer (sanggahan), contact, sitemp (daftar isi). Dibagian ini juga terdapat konten yang diimpor. Laman atau halaman tidak. Pada halaman pada setelannya hanya terdapat deskripsi penelusuran dan pilhan saja. Berbeda dengan postingan yang dilengkapi dengan label, jadwal, link dan lokasi penerbitan pos.

(6) Tata Letak
Fasilitas ini digunakan untuk mengatur posisi gadget lama atau baru dengan cara memidahkan ke tempat yanf disukai, menambah gadget baru atau menghapus gadget yang sudah ada seperti arsip blog, tautan berlangganan, facebook pages, pencarian postingan, popular post, slide show , banner dan sebagainya.

(7) Tema
Kita juga diberi fasilitas tema atau disebut dengan template yang fungsinya menampilkan bentuk tampilan background sebuah blog. Pada fasilitas ini kita diberikan pilihan untuk memilih tema yang sesuai keinginan. Ditempat ini juga selain disediakan tema bawaaan dari blogger.com ada juga wadah untuk mengganti template dari situs lain yang bisa kita pasang di blog. Sudah pasti template yang kita download dan dipasang di fasilitas tema berbeda tampilannya. Biasanya tampilan template hasil downloadan lebih menarik dari pada template bawaan. Tidak salah juga kita lebih memilih tema bawaan blogger.com ini, itu semua diserahkan kepada Anda selaku pemilik blog.

(8) Setelan
Fasilitas ini juga disedakan bagi para blogger untuk mengatur blog agar makin bagus kedepannya. Di tempat ini kita diberikan 6 sub menu yang masing-masing memliki fungsi tersendiri. Adapun 6 sub meny yang saya maksud yaitu :

  • Dasar
  • Postingan , komentar dan berbagi
  • Email
  • Bahasa dan penformatan
  • Preferensi penelusuran
  • Lainnya
Dari ke-enam fasilitas pada 'setelan' memiliki kegunaan masing-masing diantaranya :
  1. Dasar. Didalamnya kita akan mengatur judul , deskripsi dan privasi
  2. Postingan, komentar dan berbagi. Di dalamnya kita akan membatasi jumlah postingan di halama depan blog, memoderasi tiap komentar yang ada, pengaturan peserta yang akan mengomentari postingan kita dan berbagi.
  3. Email. Pada lokasi ini kita diberi kesempatan 10 email pemirsa yang ingin kita bagikan tiap ada postingan baru, 
  4. Bahasa dan penformatan. Di sini kita diberi kesempatan mengubah bahasa asing ke dalam bahasa kita sendiri dan juga format tanggal
  5. Lainnya. Pada lokasi ini kita dapat menghapus blog dan mengatur konten dewasa atau umum.
Inilah beberapa fasilitas yang diberikan oleh blogger.com untuk kita selaku blogger. Semoga bermanfaat , salam kesuksesan.

Jika postingan ini bermanfaat, maka berbagilah ke yang lain...


Thanks for reading & sharing Sajian Pendidikan Guru

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

iklan google

pencarian

  • ()
  • ()
Show more