Home » , , , , » Berhati-hatilah Saat Berselancar di Internet

Berhati-hatilah Saat Berselancar di Internet


Internet sebuah jaringan komputer yang bisa diakses secara otomatis dalam hitungan detik. Semua orang bisa terhubung dengan mudah dan kilat dengan adanya teknologi internet. Banyak sekali pengguna internet di dunia maya dengan kuatitas jumlahnya mencapai jutaan orang. Apalagi hari ini , internet sudah menjadi bahan kebutuhan pokok dalam hal informasi. Siapa saja yang tidak menggunakan fasilitas ini, maka ia akan ketinggalan informasi dunia. Hampir semua jurusan informasi menggunakan internet sebagai prioritas bukan sebagai alternatif. Hampir di semua bidang mereka menggunakan internet dengan berbagai kepentingan.

Jutaan orang menggunakan internet dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakannya pada tempatnya dan ada juga yang menggunakannya untuk tindakan kriminal, seperti penipuan,pemalsuan data, pembobolan rekening, bahkan untuk dunia gelap. Internet sebuah alat komunikasi seluruh dunia sesuai dengan niat penggunanya. Maka saat menjelajah informasi di internet mesti berhati-hati, jangan sampai salah lokasi dan salah penggunaan. Maka hendaknya kita lebih memilih kepada yang positif dalam mencari info dan menulis sebuah info untuk orang lain. Sebab menulis info positif yang menggerakkan manusia berbuat kebaikan, akan dinilai sebagai pahala. Bahkan pahala Anda tidak cukup sampai di situ saja. Jika ada 1 orang hingga ribuan yang menyebarkan tulisan info Anda, maka pahala yang akan didapat berlipat-lipat tanpa melihat tempat dan waktu. Karena info di internet bisa dikses dalam dalam 24 jam. Tidak pernah berhenti sebelum hari akhir, hari kiyamat.

Maka berusahalah membuat manfaat untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Dalam sebuah pesan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam haditsnya beliau bersabda :

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

" Barang siapa yang menunjukan kebaikan, maka baginya mendapatkan pahala dari orang melakukan (seruannya) ". HR. Muslim no 1893. Pahala dari kebaikan akan terus mengalir hingga seseorang meninggal dunia, ia akan tetap menerima dari ajakannya selama di dunia. Demikianlah yang difirmankan oleh Allah ta'ala dalam surat Yasin ayat 12 :

إِنَّا نَحْنُ نُحْيِ الْمَوْتَ وَ نَكْتُبُ مَا قَدَّمُوْا وَ اَثَارَهُمْ وَ كُلَّ شَيْئٍ أَحْصَيْنَاهُ فِيْ إِمَامٍ مُبِيْنٍ

" Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam kitab induk yang nyata (Lauhul Mahfudz) ". Ayat ini mencakup semua perbuatan baik maupun perbuatan buruk yang dipromosikan untuk orang lain agar mengikuti ajakannya. Jika yang diajak berupa kebaikan, maka pahala akan diterimanya saat ia hidup dan meninggal nanti. Dan jika yang ia ajak jalan kejahatan atau maksiat agar orang lain mengikutinya , maka dosapun akan ia dapatkan semasa hidup dan sesudah meninggal dunia. Sehingga akhirnya maksiat ajakan yang ia lakukan menjadi dosa jariyah yang terus menerus mengalir kepadanya walaupun ia telah meninggal dunia.

Dosa jariyah yang demikian itu telah dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sabdanya :

مَنْ سَنَّ فِيْ الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً , كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَ وِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَزْوَارِهِمْ شَيْئٌ

" Barang siapa yang membuat kebiasaan buruk di dalam islam , maka ia berdosa dan ia mendapat dosa dari tiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka ". HR. Muslim no 1017 dan an-Nasai no 2554.

Maka dengan petunjuk di atas, maka kita hendaknya memilih jalan kebaikan di saat berselancar di internet. Dengan luasnya informasi yang kita dapatkan dari internet mestinya kita mesti pandai-pandai memilih info yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat kita kelak. Dan kita menghindari dari tulisan dan ucapan yang mengandung dosa, karena jika kalimat kita atau ucapan ataupun tingkah laku yang mengandung unsur dosa kemudian diikuti oleh orang lain, kitapun akan terkena getah dosanya tanpa mengurangi dosa pelaku yang kita ajak ke jalan keburukan. Inilah sebagian adab saat berselancar di dunia internet yang jangkauannya sangat luas hingga seluruh dunia. Hanya dengan tulis satu kata saja, maka akan terbaca beberapa informasi kita dapatkan. Begitulah dunia internet,..

Semoga artikel ini bermanfaat sebagai bahan renungan bersama agar kita selamat selama browsing di internet. Maka jagalah diri kita masing-masing dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah ta'ala..Semoga kita semua selalu di dalam petunjukNya, amin..

Thanks for reading & sharing Sajian Pendidikan Guru

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

iklan google

pencarian

  • ()
  • ()
Show more