Home » , , » Membuat kontak dengan google formulir

Membuat kontak dengan google formulir


Salah satu yang membuat menarik sebuab blog ialah dengan mencantumkan kontak di halaman pertama saat pengunjung baru buka situs Anda. Kontak ini gunanya banyak lah, diantaranya pengunjung dapat dengan mudah menghubungi Anda dengan harapan dapat direspon dengan cepat oleh pemilik blog seperti Anda. Hampir tiap situs memiliki kontak tersendiri untuk terjalin komunikasi antar pemilik situs dan pengunjung. 

Setelah Anda mencantumkan kontak di blog, maka seringlah mengecek berita yang sampai pada email yang dijadikan sebagai penghubung antar Anda dengan pengunjung. Karena pengunjung akan datang lagi ke situs Anda jika pertanyaan atau pesannya sering direspon oleh pemilik blog. Pengunjung akan ingat situs Anda karena ia merasa diperhatikan pertanyaannya. Jadi pengunjung blog Andapun akan makin bertambah dalam perharinya. Terus.. Bagaimana membuat kontak dari google formulir.
Contoh google kontak saya :
https://drive.google.com/open?id=1OYdF-nPkASBrmlwAHxWA8hdLzY7NRAMSKBQrB-F1Dg8

Cara membuat kontak dari goole formulir , yuk ikuti langkahnya :
  • Anda harus punya akun Gmail terlebih dahulu. Klik disini untuk registrasinya. Jika sudah punya maka klik disini untuk masuk langsung ke https://drive.google.com/drive/
  • Jika Anda belum masuk ke akun Gmail , maka akan diminta email dan paswordnya. Adapun jika sudah masuk terlebih dahulu sebelum membuka google drive maka secara otomatis langsung ke halaman google drivenya,
  • Jika tampilan berbahasa inggris , maka ubahlah ke bahasa Indonesia agar sesuai dengan tutorial arahan kami. Yaitu dengan cara klik sekali pada tanda gerigi di sebelah kanan , pilih setting kemudian 'ubah setelan bahasanya'. Pilih bahasa Indonesia
  • Jika sudah beralih ke bahasa Indonesia, maka kita lanjutkan dengan  membuat google kontak yaitu dengan cara mengeklik 'BARU' di sebelah kiri atas, pilih ' Lainnya', lalu pilih ' Google Formulir '.
  • Kita isi dengan nama judul , contoh judulnya ' FORMULIR CONTAK KAMI'. Jika perlu isilah deskripsi yang ingin Anda tulis. Penulisan deskripsi tidaklah wajib. Apa saja yang kita tulis sebagai pemberitahuan yang bermanfaat bagi penulis pesan. Semisal kita mau tulis nama URL web kita atau no contak HP kita.
  • Selanjutnya klik sekali di bawah judul yang sudah kita isi untuk menulis NAMA dan pilih disebelah kanannya dengan ' JAWABAN SINGKAT', berikutnya geser ke kanan dengan mouse Anda pada  tulisan ' Wajib diisi ' hingga berubah warnanya menjadi biru abu-abu. Tanda yang menyala ini menandakan bahwa kolom ini wajib diisi oleh penulis pesan nantinya.
  • Berikutnya untuk menulis ' EMAIL ' & PESAN dengan mengeklik sekali tanda bulat + di sebelah kanan. Lalu tulislah kata ' email ' kemudian pilih ' jawaban singkat' dan geser ke kanan tanda pada tulisan ' Wajib diisi ' hingga berubah warnanya. 
  • Yang terakhir untuk membuat kolom ' pesan' caranya sama seperti dua kolom pertama ' NAMA & EMAIL.
--------Keterangan tambahan :----------😅

* Mengubah Warna Background 
Mengubah warna background dengan cara mengeklik tanda warna atau palet warna di bagian atas, maka akan muncul tampilan ketersediaan warna yang akan dipilih menurut selera Anda. Atau bisa juga backgroundnya diganti dengan pilihan gambar, yaitu dengan cara mengeklik pada tanda gambar di kanan pojok bawah yang bersamaan dengan pilihan warna background. Setelah Anda klik sekali, maka muncul pilihan tema yang disukai. Caranya dengan mengeklik sekali pada tema pilihan Anda, lalu klik ' PILIH' di bagian bawah. Dan tunggu sejenak hingga  backgroundnya terganti. 

* Memasang di blog
Untuk memasang formulir ini di blog, maka kita harus mendapatkan linknya. Caranya dengan mengeklik sekali pada ' Lainnya ' di atas layar sebelah kanan tanda titik tiga. Lalu pilih ' Dapatkan link yang sudah terisi '. Klik sekali, maka akan terbuka jendela baru dengan link yang tersedia. Copy link tersebut di postingan blog Anda atau di bagian menu halaman pertama blog Anda.

* Mempublikasikan di medsos
Link yang sudah Anda copy, bisa langsung dipastekan di berbagai medsos seperti facebook, line,tumblr,instagram,WA, telegram dan lainnya. Mereka yang mengeklik link yang Anda pasang akan diarahkan ke tempat formulir yang kita buat. Dengan cara ini para penggemar medsos akan mengisi formulir dengan mengisi nama, email dan pesan. Keuntungan kita juga bisa mendapat langsung email baru yang bisa kita jadikan saluran promosi produk atau bisnis lainnya. 

Selamat mencoba. Semoga berhasil!!

" Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda & teman-teman , maka tidak ada salahnya Anda ikut membantu mereka mendapatkan info penting ini "

Thanks for reading & sharing Sajian Pendidikan Guru

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

iklan google

pencarian

  • ()
  • ()
Show more