Home » , , » Memilih Herbal Yang Tepat Untuk Kesehatan

Memilih Herbal Yang Tepat Untuk Kesehatan


Apa itu herbal dan obat herbal ? Kenapa kita gemar kali dengan herbal ?

Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal terkadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.

Obat Herbal adalah jenis obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan atau hewan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa campuran bahan kimia buatan atau dikenal dengan sintetis. Obat herbal yang berasal dari tumbuhan (nabati) contohnya jahe, bawang putih, kurma, jintan hitam (habbatus sauda) dan sebagainya. Adapun herbal yang berasal dari hewan (hewani) diantaranya teripang,madu,propolis, minyak ikan hiu dan sebagainya.

Anda orang Indonesia ? Herbal bagi orang Indonesia sudah sangat kental sekali dengan herbal. Karena mereka sejak kecil sudah dikenali oleh orang tua mereka dengan jamu. Jamu istilah yang dipakai oleh orang tua kita saat terserang penyakit. Mereka lebih memilih jamu ketimbang obat-obatan kimia. Kenapa ? karena mereka sudah terbiasa dengan jamu untuk mengobati penyakit keluarga dalam sehari-hari. Namun mereka tidak memakai istilah herbal. Jamu dan herbal sama dalam pengertian dan fungsinya untuk tubuh. Sama-sama diolahnya dengan bahan tumbuhan dan hewan yang keduanya dirasa bermanfaat untuk mengobati jika tubuh terserang penyakit.

Tapi tidak dipungkiri lagi dengan teknologi yang serba maju, herbalpun diolah sedemikian rupa dengan alat teknologi yang higienis lagi canggih mampu memproduksi ratusan bahkan ribuan kemasan dalam perharinya. Dengan perkembangan zaman banyak orang yang memanfaatkan herbal sebagai ladang bisnis dan meraup keuntungan di dalamnya. Tidak sedikit orang Indonesia yang berbisnis melalui penjualan herbal baik secara online mapun membuka toko herbal. Dari sekian herbal yang kita saksikan di Indonesia, kita mesti pandai memilih herbal yang tepat untuk tubuh kita agar tetap bugar dan sehat. Dan pandai memilih herbal yang berkualitas lagi banyak digunakan orang banyak karena kemapuhannya dalam membantu menyelesaikan masalah.

Ada beberapa tips memilih herbal yang tepat menurut hemat kami , diantaranya :
  1. Pilihlah herbal yang memang dibutuhkan oleh tubuh Anda dengan mengenali sakit yang Anda rasakan. Awas jangan salah memilih..he he.
  2. Komposisi bahan herbalnya bagus dan halal lagi baik dikonsumsi oleh tubuh.
  3. Lihatlah masa kadaluarsanya pada kemasan tersebut.
  4. Botol kemasan masih rapi dan tidak terbuka tutupnya.
  5. Pilihlah produk herbal yang sudah banyak digunakan orang, caranya dengan cara browsing di internet. Dengan mengetik kata kunci, misal ketik ' Herbal Tinqu'.
  6. Pilihlah yang sudah ada label POM atau jika belum ada maka pilihlah yang sudah banyak dipakai orang seperti produk 'tinqu'.
  7. Belilah di tempat yang terdaftar atau direkomendasikan oleh orang yang amanah menurut Anda.
  8. Hindari obat herbal yang dijual dengan harga murah. Sangat mustahi herbal dijual dengan murah, karena bahannya tidak mudah ditemukan dan perlu waktu yang lama ditambah lagi tidak sedikit mengeluarkan biaya besar untuk memproduksi herbal berkualitas.
Artikel terkait :

Daftar Isi Herbal Yang Direkomendasikan :







Thanks for reading & sharing Sajian Pendidikan Guru

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

iklan google

pencarian

  • ()
  • ()
Show more