Home » , , » 5 Doa Dan Zikir Sehari-Hari Yang Wajib Dijaga Agar Terhindar "Malapetaka'

5 Doa Dan Zikir Sehari-Hari Yang Wajib Dijaga Agar Terhindar "Malapetaka'

Malapetaka atau bencana tak surut habis bagi kehidupan manusia pada umumnya. Hal itu disebabkan ulah tangan dari diri manusia yang tak mengikuti aturan Allah ta'ala. Alam yang teratur ini sedemikian rupa indahnya Allah ta'ala ciptakan untuk kehidupan manusia. Tapi kenapa malah mereka yang merusak tatanan alam ini.


Malapetaka atau bencana tak surut habis bagi kehidupan manusia pada umumnya. Hal itu disebabkan ulah tangan dari diri manusia yang tak mengikuti aturan Allah ta'ala. Alam yang teratur ini sedemikian rupa indahnya Allah ta'ala ciptakan untuk kehidupan manusia. Tapi kenapa malah mereka yang merusak tatanan alam ini. 

Seorang muslim dengan keimanannya mesti menjaga malapetakan yang akan menimpanya. Bisa jadi musibah datang kepadanya karena atas kesalahan yang dibuatnya tanpa mengikuti aturan Allah ta'ala melalui lisan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dalam menjaga diri dari musibah dan malapetaka Islam telah mengajarkan sebuah senjata keimanan yaitu zikir. Dengan sering banyak berzikir maka hati kita akan tergantung dengan Allah ta'ala.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memotivasi para sahabatnya agar senantiasa berzikir kepada Allah karena berzikir kepada Allah lebih baik dari berinfak dengan emas atau perak, lebih suci di sisi Allah dan akan mengangkat derajat kita di sisi Allah ta'ala. Sebagaimana yang tertulis dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi no 3377 , yaitu :
عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِرَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ، وَأَزْكَاهَا عِنْدَ مَلِيكِكُمْ، وَأَرْفَعِهَا فِي دَرَجَاتِكُمْ، وَخَيْرٌ لَكُمْ مِنْ إِنْفَاقِ الذَّهَبِ وَالْوَرِقِ، وَخَيْرٌ لَكُمْ مِنْ أَنْ تَلْقَوْا عَدُوَّكُمْ، فَتَضْرِبُوا أَعْنَاقَهُمْ، وَيَضْرِبُوا أَعْنَاقَكُمْ ". قَالُوا : بَلَى. قَالَ : " ذِكْرُ اللَّهِ تَعَالَى
" Dari Abu Darda semoga Allah meridhainya, ia berkata : Nabi shallallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :" Maukah aku tunjukkan perbuatan yang terbaik, paling suci di sisi Rajamu (Allah), paling bisa mengangkat derajatmu dan lebih baik bagimu dari pada berinfak dengan emas atau perak dan lebih baik bagimu dari pada bertemu dengan musuhmu, lantas kamu memenggal lehernya atau mereka memenggal lehermu ? Serempak mereka menjawab, " Mau wahai Rasulullah ", beliaupun bersabda : " Berzikir kepada Allah ".

Kenapa kita mesti berzikir dan berdoa jika semua itu sudah ditakdirkan oleh Allah ?
Takdir untuk kejadian sudah semua ditulis di lauhul mahfudz, namun bukan berarti kita tidak bisa berlindung kepada Allah dari takdir yang buruk. Dan kita pun diperintah oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam agar berlindung kepada Allah dari pedihnya musibah. Sebagaimana ini telah ditulis oleh Imam Bukhari dalam kitabnya dengan no 6616, yaitu :
عَنْأَبِي هُرَيْرَةَ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : " تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ 
" Dari Abu Hurairah semoga Allah meridhainya, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : " Berlindunglah kalian kepada Allah dari pedihnya musibah, turunnya kesengsaraan terus menerus, buruknya qadha serta berlindung kepada Allah dari kegembiraan musuh atas bencana yang menimpa kalian ".

Zikir merupakan langkah seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah ta'la. Jika seorang sudah dekat dengan Allah ta'ala maka pertolongan dan penjagaan dariNya akan cepat datang. Perintah berzikir sudah banyak ditulis di dalam Al-Quran sejak 14 abad yang lalu. Contohnya saja jika seorang memperbanyak mengingat Allah, maka iapun akan diingatkan olehNya manakala akan berbuat kesalahan. Berbeda dengan orang yang tidak dekat sama Allah ta'ala, saat melakukan kesalahan tidak merasa malu lagi denganNya.

Adapun zikir yang dapat menolong kita dari bencana dan malapetakan , yaitu :

  1. Membaca ' laa haula wa laa quwwata illa billah '
  2. Membaca ' allahumma inni auudzubika an usyrika bika wa ana 'alamu wa astaghfiruka limaa laa 'alam '
  3. Membaca 'alhamdulillahillazi aafaani mimma ibtallaaka bihi wa faddhalanii alaa kasiirin mimman holaqa tafdhiilan'
  4. Membaca 'bismillahillladzi laa yadhurru ma'as mihi syai'un fil ardhi wa laa fis samma wa huwas samii'ul alim'.
  5. Membaca 'Auudzu bikalimaatillahit tammah min syarri maa holaqo'

1. لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِا للَّهِ

" Tidak ada daya dan upaya melainkan datangnya dari Allah '

Membaca zikir di atas memiliki faidah yang tak terkira sebagaimana yang disebutkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam haditsnya. Beliau bersabda " Wahai Abdullahi bin Qois, katakanlah laa haula wa laa quwwata illa billah' karena ia merupakan simpanan pahala berharga di Surga' HR. Bukhari no 7386.

Pada kalimat ' Tidak ada daya dan upaya melainkan datangnya dari Allah' adalah kalimat yang berisi penyerahan kita kepada Allah sepenuhnya. Kita tidak bisa bergerak, berlari, beraktifitas kecuali setelah diberikan kekuatan oleh Allah ta'ala. Maka janganlah seseorang menyombongkan diri dan congkak atas apa yang telah dibuatnya. Karena seseorang tidak bisa berbuat apa-apa melainkan kekuatan itu datangnya dari Allah dengan lafdz ini.

Ada sebagian ulama yang menjelaskan makna tersebut yaitu bahwa tidak ada kuasa bagi siapapun untuk menolak kejelekan dan tidak ada kekuatan untuk meraih kebaikan selain karena kuasa Allah ta'ala. Dan ada juga ulama yang menambahkan dengan keterangan ' Tidak ada usaha, kekuatan dan upaya selain kehendak Allah ". Makna kalimat tersebut diperjelas lagi oleh Ibnu Mas'ud bahwa tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindungan dari Allah, dan tidak ada kekuatan untuk melaksanakan ketaatan selain dengan pertolongan Allah "

Dengan makna yang disebutkan di atas Imam Nawawi menyebutkan bahwa keterangan yang dijelaskan oleh para ulama memiliki makna yang hampir antara satu sama lainnya ( Syarah Shahih Muslim 17 : 26-27).

Manfaat Membaca laa haula wa laa quwwata illa billah

  1. Menolak segala kejelekan dan terhindar dari sifat bencana sombong yang dapat menjerumuskan pelakunya ke dalam Neraka.
  2. Simpanan pahala yang berharga di Surga ( Bukhari no 7386)
  3. Kalimat tersebut adalah pintu surga ( Tirmidzi no 3581)

2. اللَّهُمَّ إِنِِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرَكَ بِكَ وَ أَنَا أَعْلَمُ وَ أَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ

Artinya " Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu  dari menyekutukanMu sedangkan aku mengetahui dan aku meminta ampunan kepadaMu terhadap apa yang tidak aku ketahui " ( HR. Ahmad, kitab shahih jami' 3/233 dan shahih targhib wa tarhib oleh al-Albany 1/19)

Zikir selanjutnya ialah agar kita terhindar dari malapetaka kesyirikan yang menimpa sebagian kaum muslimin. Mereka tertimpa musibah terbesar karena dekatnya dengan perbuatan syirik dan jauhnya dari perbuatan yang diridhai Allah ta'ala. Syirik itu sebuah musibah dan bentuk kezaliman yang besar di sisi Allah. Dengan banyaknya manusia yang menyekutukan Allah dengan ucapan dan perbuatan mereka akan mengakibatkan berbagai bencana. Maka dengan zikir dan doa ini mudah-mudahan kita terhindar dari bencana syirik.


3. الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَ فَضَّلَنِيْ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيْلاً

Artinya " Segala puji bagi Allah yang telah menghiindarkan bencana dariku dari musibah yang menimpamu dan mengutamakanku atas kebanyakan orang yang telah diciptakan "
Salah satu manfaat membaca zikir ini ialah kita akan dihindarkan dari mara bahaya yang telah menimpa orang lain. Membaca zikir tiap kali melihat orang lain terkena musibah sesuai denga isi teks hadits tersebut. Contohnya saat melihat kecelakaan, maka kita dianjurkan membaca zikir ini agar kita dijauhkan dari bencana yang mengerikan tersebut.
Setelah kita berdoa dengan dua bentuk doa di atas, mari lanjutkan membaca zikir ini. 


4. بِسْمِ اللَّهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِيْ الأَرْضِ وَ لاَ فِيْ السَّمَاءِ وَ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

" Dengan menyebut nama Allah yang tidak ada suatu apapun memberi bahaya dengan sebab namaNya baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui ".
Dengan membaca 3 kali maka tidak satupun di Bumi dan di langit yang bisa membahayakannya atau mencelakainya dengan bencana apapun. Inilah yang disabdakan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam riwayat at-Tirmidzi no 3388 dan Abu Dawud no 5088. 

Zikir ini jika dilihat dari teksnya bisa dibaca kapan saja tanpa tanpa terikat dengan waktu. Namun terikat dengan jumlah bacaannya yaitu dibaca 3 kali. Bahaya bisa datang kapan saja maka sangat tepat sekali jika kita rutinkan membacanya dalam keseharian.


5. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

" Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala kejahatan yang diciptakanNya ". Dengan membaca zikir ini maka kita akan merasa nyaman dengan lingkungan tempat tinggal kita. Zikir ini menurut hadits Nabi dibaca saat kita berada di sebuah tempat yang belum pernah kita tinggali. Maka dianjurkan membaca zikir ini dengan tujuan terhindar dari mara bahaya yang tak kita kira.

Contohnya saat kita singgah di sebuah tempat baik saat musafir atau suatu keperluan keluar kota atau juga tempat-tempat yang belum sama sekali kita kunjungi maka saat sampai di tempat tersebut sangat dianjurkan membaca zikir tersebut. Kewaspadaan kita di segala tempat mesti diperhatikan, karena di dunia ini ada saja mahluk yang berbuat baik dan berbuat buruk kepada kita. Maka dengan zikir ini secara rutin dibacakan dengan tujuan terhindar dari ulah tangan tak bertanggung jawab saat kita singgah di sebuah tempat.

Inilah 5 kalimat-kalimat doa dan zikir yang mesti kita jaga demi kenyamanan aktifitas kita sehari-hari. Sudah pasti pekerjaan kita akan terhambat dengan adanya bencana. Semua ini disebabkan keteledoran manusia yang lalai dengan Allah ta'ala. Semoga ini bermanfaat bagi semu kalangan.

Jangan lupakan untuk berbagi 


Thanks for reading & sharing Sajian Guru Blogger

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

Cari Info

Ikuti Info Terbaru

Powered by Blogger.
  • ()
  • ()
Show more

Labels

Total Tayangan

Post Populer

Ikuti Blog Ini