Home » , , » Menambah Video Dalam Postingan Agar Tampil Menarik pada "Blog"

Menambah Video Dalam Postingan Agar Tampil Menarik pada "Blog"

menyisipkan video ke dalam postingan sangat mudah dilakukan oleh para blogger

Pernahkah melihat video di dalam artikel ? Menambah video salah satu trik menjadikan sebuah artikel bertambah cantik enak dilihat. Karena fungsi dari video juga memperjelas artikel yang dibacanya di atas. Video biasanya yang ditampilkan di dalam tulisan atau artikel penjelasannya lebih simple dari artikel itu sendiri. Terkadang juga ada pembicara yang menjelaskan dengan panjang seperti pada isi tulisan. Ini semua memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang Anda bisa menilainya sendiri mau pilih yang mana. Apakah ingin membaca artikel keseluruhan atau hanya ingin menonton videonya atau juga kedua-duanya. Ini semua diserahkan kepada Anda selaku penikmat informasi.

Menambah video di dalam tulisan lebih dibilang cukup mudah, karena kita tidak perlu banyak kode yang dipelajari dalam penyisipan video di dalamya. Namun walaupun dibilang mudah masih juga ada yang mencari informasi beginiaan seperti Anda lah..Kita juga sama seperti Anda mencari-cari artikel untuk menambah dan menyisipkan video ke dalam artikel. Sudah pasti masing-masing blogger punya tujuan sendiri saat menyisipkan video di dalamnya.

Media seperti video sangat dibutuhkan untuk memperjelas dan mempersingkat kepahaman pembaca dalam memahami sebuah permasalahan. Video sering kali digunakan sebagai salah satu komponen dalam dunia bisnis yang utama. Dengan seringnya video dijadikan alat kelancaran bisnis menjadikan video sebagai alternatif utama bagi para bisnismen. Adapun salah satu manfaat masuknya video ke dalam artikel atau tulisan adalah untuk menambah kejelasan artikel tertentu sehingga ada pengunjung yang merasa belum paham dengan tulisan maka videolah alternatif utama.

Untuk mempersingkat tulisan ini, alangkah baiknya kami berikan langsung tuturialnya :
Dalam memasang video di dalam artikel ada 4 metode yang boleh Anda pilih mana yang paling mudah untuk dikerjakan , diantaranya :

  1. Menambang video lewat upload secara langsung dari komputer atau handpone.
  2. Menambang video lewat sisipan URL video dari you tube
  3. Menambang video lewat video channel yotu tube yang Anda punya
  4. Menambang video lewat sisipan kode HTML

ke-1 : Video dari komputer atau handphone

Menyisipkan dengan cara ini adalah cara yang paling mudah dapat Anda gunakan untuk menambahkan video ke dalam artikel postingan blog. Karena dalam upload video ini akan langsung mengarahkan file video yang kita simpan seperti folder movie yang kita miliki. Metode ini memang terbilang mudah karena langsung diarahkan ke dalam laptop atau komputer Anda. Namun yang jadi perhatian ialah besar kecilnya kapasittas file yang diupload. Semakin besar kapasitasnya maka makin lama proses uploadnya. Maka disarankan memilih akses internet tercepat seperti memakai jaringan wifi. Jika menggunakan kuota kartu kemungkinan akan memakan daya kuota terlalu besar dan akan cepat habis.^^

Singkat saja, mari ikuti tutorialnya pada langkah berikut :

  1. Masuk ke blogger dengan cara klik blogger.com
  2. Klik postingan lalu pilihlah artikel yang ingin Anda sisipkan videonya. Untuk menyisipkan video dengan cara klik icon insert a video atau gambar video sebelah kanan atas insert gambar.
  3. Pilihlah video yang di sukai dengan kapasitas disesuaikan dengan kecepatan akses internetnya.
  4. Tunggu proses uploadnya hingga selesai.

cbdadsac
ke-2 : Video dengan menyisipkan URL dari you tube

Walaupun cara pertama dibilang mudah, tapi ada yang lebih mudah lagi tanpa harus menunggu waktu proses upload. Hanya cukup insert URL maka langsung masuk ke dalam postingan blog Anda. Cara kedua inilah mungkin yang paling banyak diminati oleh kebanyakan blogger dalam menyisipkan video ke dalam postingan karena dilihat caranya yang cukup simple dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Dengan menggunakan metode ini kita tidak perlu khawatir kehabisan kuota internet karena kerjaan kita hanya menambahkan URL yang sudah ada dari youtube. Dengan cara ini adalah cara yang tercepat dalam menyisipkan video ke dalam artikel blog. Cuma yang kita hadapi ialah kita akan dihadapkan puluhan bahkan ratusan video yang tersedia di layar you tube. Kekurangannnya ialah video yang disisipkan ternyata bukan malah memberi keterangan yang jelas tapi malah membingungkan pengunjung.

Tapi untuk kerja cepat cara ini adalah yang terbaik bagi Anda yang belum memiliki video tersendiri. Langkah menyisipkan video melalui URL sebagai berikut :
  1. Setelah masuk di blogger dan membuka postingan
  2. Klik pada icon video di atas pada postingan , setelah terbuka pilih 'from you tube'
  3. Ketik sebuah satu kata hingga tiga kata untuk menentukan video yang diharapkan. Contohnya kita ingin mencari video berkaitan dengan 'email' maka kita tuliskan 'membuat email gratisan'. Setelah selesai mengetik kata tersebut tekan enter maka Anda akan dihadapkan dengan pilihan video. Anda cukup hanya mengeklik 2 kali pada artikel yang diinginkan, maka video tersebut akan terpasang otomatis di dalam postingan.

ke-3 : Video dari channel you tube sendiri

Pada langkah ke-3 ini jika Anda seorang blogger plus seorang YouTuber maka pada jalan ini akan akan kesesuaian. Saat Anda melangkah pada cara ini maka dengan otomatis video channel Anda akan muncul dengan berbagai pilihan. Jadi syaratnya Anda harus memiliki channel jika ingin menyisipkan vidio dari Channel You tube Anda. Sudah pasti tentu , channel yang harus Anda gunakan untuk mendaftar di yotube harus dari akun Gmail untuk Blog ini. Jika tidak maka tidak terhubung dengan channelnya.

Salah satu keuntungan memiliki channel you tube melalui cara ke-3 ini Anda dapat keuntungan ganda. Pada blog Anda mendapatkan jumlah pengunjung sedangkan di you tube akan mendapatkan viewers. Semakin channel dan blog banyak dikunjungi dalam seharinya maka makin naik profit yang di dapat seiring dengan kebutuhan manusia saat ini. 

Adapun penyisipan video melalui metode silahkan saja ikuti langkah-langkah jitu di bawah ini :

  1. Masuk ke dasboard blog Anda , buka postingan yang Anda inginkan. Lalu klik gambar icon seperti pada cara ke-1 dan ke-2. Disana akan ada pilihan upload video, silahkan pilih 'My You Tube Videos'. Maka akan diarahkan langsung ke channel Anda dengan akun Gmail untuk masuk blog yang Anda gunakan sekarang.
  2. Pilihlah video yang sesuai dengan isi pembahasan postingan dengan cara mengeklik 2 kali pada video yang dipilih. Maka dengan otomatis akan masuk ke dalam postingan. 

ke-4 : Video dengan menyisipkan kode HTML

Untuk kali ini metode terakhir yang kami berikan untuk Anda yaitu dengan menyisipkan kode HTML. Sudah menjadi kebiasaan pada video yang ada di internet akan disisipi kode HTML dari para pengembang situs. Karena kode ini sudah terus-menerus dikembangakan di dunia maya ini. Maka wajar jika setiap video yang tayang di internet terdapat kode HTML. Kode ini akan dipasangkan bagi situs yang menyediakan ruang pemasangan kode tersebut.

Dalam penyisipan video melalui kode HTML disebut embed. Dengan menyisipkan atau mengembed kode tersebut dapat membantu pengguna membuat situs streamingnya sendiri. Itulah salah satu dari penggunaan kode tersebut di dalam situs.

ada umumnya setiap situs yang menyediakan layanan video hosting pasti memiliki sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menyisipkan, atau dalam istilah kerennya meng-embed video tersebut di situs maupun blog eksternal.

Untuk mendapatkan kode HTML yang bisa disisipkan di postingan blog, Anda wajib mendapatkan kode tersebut yang tertera pada video yang akan dimasukkan ke dalam postingan. Kode tersebut biasanya di awali dengan <iframe....

Bagaimana cara mendapatkan kode HTMLnya ?

  1. Buka situs youtube.com, lalu pilih video yang sesuai dengan artikel postingan Anda yang ingin disisipkan dengan video.
  2. Setelah dibuka videonya, carilah tab ''Bagikan/share" yang berada di bawah kanan video lalu klik sekali, kemudian pilih 'sematkan/embed' lalu klik sekali, maka akan muncul kode tersebut. Silahkan kopy kodenya dan letakkan pada postingan. Contoh kode embed video seperti --------> <iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/F76r-wwjVRQ" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>
  3. Karena kita ingin menyisipkan kode ini, maka pada halaman postingan pilihlah 'HTML' bukan Compose, lalu sisipkan di tempat yang Anda sukai.
alhamdulillah...semua 4 cara sudah Anda pelajari , berikutnya Anda bisa langsung terapkan pada waktu yang tepat.

Jangan lupa berbagi kembali pada orang lain, semoga usaha Anda dimudahkan ^^




Thanks for reading & sharing Sajian Guru Blogger

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

Cari Info

Ikuti Info Terbaru

Powered by Blogger.
  • ()
  • ()
Show more

Labels

Total Tayangan

Post Populer

Ikuti Blog Ini