Home » , » Mengubah Ukuran Video Agar Tampil Responsive Dengan Semua "Layar'

Mengubah Ukuran Video Agar Tampil Responsive Dengan Semua "Layar'

Menyisipkan  video ke dalam postingan salah satu usaha membuat tampilan tulisan menjadi menarik bagi para pengunjung. Dalam menyisipkan video sudah kami jelaskan pada postingan yang lalu tentang bagaimana cara menyisipkan video ke dalam artikel. Memang video salah satu menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Nah ..jika sudah ditayangkan di dalam postingan tapi kenapa tampilannya kurang memuaskan. Kenapa itu bisa terjadi ?


Menyisipkan  video ke dalam postingan salah satu usaha membuat tampilan tulisan menjadi menarik bagi para pengunjung. Dalam menyisipkan video sudah kami jelaskan pada postingan yang lalu tentang bagaimana cara menyisipkan video ke dalam artikel. Memang video salah satu menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Nah ..jika sudah ditayangkan di dalam postingan tapi kenapa tampilannya kurang memuaskan. Kenapa itu bisa terjadi ?

Pada tulisan inilah kami akan berikan sedikit tips membuat tampilan video Anda yang ada di dalam artikel terlihat rapi sesuai layar baik layar komputer atau layar android. Atau dikenal dengan sebutan respinsive. Langkah ini terbilang cukup mudah dilakukan oleh Anda sebagai blogger yang terus nulis di web. Apalagi Anda sudah sering bergelut dengan insert video, maka artikel ini sangat membantu bagi Anda yang kesulitan menyesuaikan video yang responsive.

Setelah Anda berhasil menyisipkan dan menambahkan video ke dalam artikel blog, maka itu belum dianggap selesai karena ukuran lebar dan tingginya biasanya tidak sesuai atau terlalu kecil di mata pengunjung. Maka perlu pembenahan dan pengaturan lebih lanjut sehingga terlihat menarik. Masalah ini sering dialami oleh blogger pemula saat melihat tampilan videonya terlihat tidak menarik karena terlalu kecil.

Salah satu kekurangan dengan tampilan video yang nampak kecil membuat pembaca kesulitan dalam menonton video yang disematkan ke dalam artikel. Sehingga pengunjung tidak akan berlama-lama melihat video tersebut, malah akan berpindah ke tempat lain. Kejadian ini membuat blog Anda sepi kunjungan , karena ia tidak kunjung balik lagi gara-gara tampilan video yang tak menarik.

Bagi Anda yang kurang mengerti kode HTML, maka dipastikan agak kesulitan mengatasi masalah ini yaitu menyesuaikan video yang responsive. Nah , bagaimana cara memecahkan masalah ini  ?
Jalan keluarnya ialah Anda cukup mengganti nilai width dan height pada kode embed video saat akan menyisipkan video ke dalam artikel.

contoh :
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/cGsIBLKa7Bo" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>

Jika dibahasakan ke bahasa kita bahwa width = lebar (500 px), height = tinggi (315 px). Untuk menggantinya hanya cukup mengubah nomornya, lebar dan tingginya Anda tentukan sendiri sesuai harapan. Harap agar dicoba-coba menyesuaikan dengan layar komputer Anda.

Saya contohkan setelah saya ubah menjadi :
<iframe width="800" height="480" src="https://www.youtube.com/embed/cGsIBLKa7Bo" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>
Perubahan ukuran di atas hampir dua kali lipat dari ukuran semula. Cara ini berlaku untuk semua metode yang saya sebutkan pada postingan ' bagaimana menyisipkan video ke dalam artikel' baik yang menambahkan video, mengupload dari komputer, menambahkan URL atau menyisipkan/mengembed ke HTML postingan.

Berikut contoh video yang sudah kami ganti lebar dan tingginya :

di atas adalah hasil setelah kami ubah dengan menyesuaikan tampilan layar. Semoga Anda berhasil mempraktekkan tips ini. Salam sukses ..!! ^^
Jika ada pertanyaan dikomentar saja, jangan lupa berbagi ^^ terimakasih sudah berkunjung

Thanks for reading & sharing Sajian Pendidikan Guru

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

iklan google

pencarian

  • ()
  • ()
Show more