Home » , , » Wajib Pasang Privacy Policy Dan Disclaimer Pada Website

Wajib Pasang Privacy Policy Dan Disclaimer Pada Website


Ada apa sih dengan privacy policy ?? Kenapa kita sering melihat di berbagai situs mencantumkan fitur ini. Apa manfaatnya bagi sebuah situs ? Tentunya pertanyaan ini sempat timbul di benak kita saat membaca kata-kata ' privacy policy' di sebuah situs. Ternyata privacy policy harus dipasang di web atau blog. Kenapa bisa begitu yahh..

Sebelum kita pasang ' Privacy Policy ' pada sebuah blog atau website, alangkah baiknya kita mengerti dahulu pengertian ' Privacy Policy '. Yang dimaksud dengan ' Privacy Policy ' ialah dokumen atau halaman yang menjelaskan kepada pengunjung web atau blog, tentang bagaimana Anda mengelola informasi yang Anda dapat dari mereka. Dan pemasangan ' Privacy Policy ' ternyata sudah ditentukan oleh mbah google di sebuah halaman blog. Dalam pengertian lain bahwa ' Privacy Policy ' ialah kebijakan yang diberlakukan oleh sebuah blog atau web yang telah dibuat oleh pemilik situs itu sendiri. Bahkan ini harus pasang oleh pemilik situs yang ingin mengembangkan situsnya menjadi lebih baik.

' Privacy Policy ' juga sebagai bukti untuk menunjukkan siapa yang memiliki blog atau web tersebut, jika suatu saat pengunjung blog menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan situs tersebut dapat dengan langsung menemukan siapa pemilik web atau blog tersebut. Dengan fitur ini yang terpasang di web akan terlihat lebih profesional. Dan bagi Anda yang mendaftarkan situs ke Google Adsense diharuskan memasang ' Privacy Policy 'di halaman blog Anda sebagai salah satu pertimbangan perusahaan Google mempertimbangkan situs Anda.

Isi dari ' Privacy Policy ' meliputi : 
* Penggunaan Log Files
* Double Click Dart
* Cookie
* Our Advertising Partners 
* Third Party PrivacyPolicies
* Children's Informations
* Online Privacy Policy Only
Dan kebijakan lainnya yang dibuat oleh pemilik situs yang berbdeda dengan maksud yang sama dari para pemilik blog atau website

Setelah memasang ' Privacy Policy 'nya jangan lewatkan memasang juga Disclaimer. Kedua fitur ini sangat penting dalam sebuah website. Untuk Disclaimer sangat penting untuk dipasang yang gunanya untuk membatasi kewajiban Anda atas complain atau tuntutan apapun yang muncul atas isi website atau blog Anda. Dengan ini para pengunjung mengetahui syarat dalam mengakses dan menggunakan informasi yang telah kita sampaikan di web serta para pengunjung akan mengetahui apa saja kewajiban pemilik web tersebut. Halaman disclaimer ada yang menyebutnya dengan Terms Of Use.

Nah sekarang apa yang membedakan kedua fitur tersebut , Privacy Policy dengan Disclaimer :

  1. Privacy Policy menurut situs Zallegiance sangat erat hubungannya dengan jaminan keamanan privasi pengguna yang menggunakan software atau blog milik Anda.
  2. Disclaimer erat hubungannya dengan hak cipta. Jika Anda mempunyai sebuah web atau blog kemudian di sana ada yang melakukan tindakan kriminal seperti melakukan kopas atau duplikat konten isi postingan, maka dengan ini kita bisa melakukan klaim atas perlakuan tersebut. 


Sekarang saatnya Anda memasang ' Privacy Policy '& Disclaimer
Ikuti tutorial berikut ini :

ke-1 : Buka situs www.privacypolicyonline.com
ke-2 : setelah terbuka situsnya, isilah yang diminta dari situs tersebut
* Your Site Title (isilah judul situs Anda)
* Your Site URL (isilah alamat web Anda)
* Contak Link (isilah email Anda)
* Email Addres (isilah email Anda)
* Email Encryption (pilih no encryption)
* info Cookies (pilih yes)
* Advertisers on your site (pilih google Adsense)

ke-3 : setelah mengisi apa yang sudah kami arahkan di atas, maka klik 'generate HTML' yang berada di bagian paling kanan bawah.

ke-4 : kopy semua kode HTMLnya dan pastekan pada halaman blog baru Anda.

ke-5 : Saat mengkopi pastekan pilih 'HTML' pada halaman postingan bukan pilih 'Compose'. Lalu segera publikasikan. Untuk halaman ini tidak perlu membuat 'label'.

Memasang Disclaimer caranya hampir sama seperti di atas bahkan lebih mudah. Hanya mengisi judul situs, URL,contact Lin dan Email Address. Untuk link discraimernya di sini atau klik http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/. Setelah mengisi dengan benar langkah selanjutnya klik ' Generate Disclaimer'. Kemudian kopy paste HTMLnya pada halaman baru disclaimer blog Anda. Saat mengkopi pastekan lakukanlah seperti urutan ke-5 dalam pemasangan Privacy Policy.

Semoga berhasil ^^
Jangan Lewatkan untuk Berbagi dan Komentar










Thanks for reading & sharing Sajian Pendidikan Guru

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

iklan google

pencarian

  • ()
  • ()
Show more