Home » , » Cara Yang Benar Saat Blogging Dan Jangan Lakukan Ini Saat Menulis pada Blog

Cara Yang Benar Saat Blogging Dan Jangan Lakukan Ini Saat Menulis pada Blog

Blog salah satu aset kita menyalurkan berbagai ide dan pikiran untuk diwariskan kepada pengunjung yang datang dari mana saja. Kita tidak berpengaruh dengan siapakah Anda yang sedang membaca saat ini. Pokoknya Anda senang membacanya dan bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya dari apa yang GurukuBlogger tulis.   Memiliki blog memberi banyak keuntungan bagi kita selaku blogger onlne, salah satu bisa memberi manfaat kepada orang banyak. Di samping itu juga bisa dijadikan ajang berbisnis bagi Anda yang suka berbisnis. Bisnis melalui sudah banyak dipraktekkan oleh ribuan blogger dan menghasilkan hasil yang memuaskan mereka.

Wahai sobat apa kabar kalian... semoga masih dalam keadaan sehat wa afiyat. Semoga masih dalam penjagaan Allah ta'ala. Pada kesempatan ini GurukuBlogger mau bagi-bagi sekilas info mengenai 'Cara Yang Benar Saat Blogging Dan Jangan Lakukan Ini ! Jika Anda Ingin Sukses Menulis pada Blog'. Tidak ada cara yang benar dalam menyajikan informasi melainkan membuat pembaca senang dan menjadikan pengunjung betah duduk di depan blog kita.

Blog salah satu aset kita menyalurkan berbagai ide dan pikiran untuk diwariskan kepada pengunjung yang datang dari mana saja. Kita tidak berpengaruh dengan siapakah yang sedang membaca tulisan saat ini. Pokoknya pembaca seperti Anda senang membacanya dan bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya dari apa yang GurukuBlogger tulis. 

Memiliki blog memberi banyak keuntungan bagi kita selaku blogger online, salah satu bisa memberi manfaat kepada orang banyak. Di samping itu juga bisa dijadikan ajang berbisnis bagi Anda yang suka berbisnis. Bisnis melalui sudah banyak dipraktekkan oleh ribuan blogger dan menghasilkan hasil yang memuaskan mereka. 

Yaa...sebelum kami memasuki pembahasan materi di atas , ada baiknya Anda tahu kenapa perlu membangun blog. Ya..mungkin perlu diperhatikan kalimat di bawah ini :
  • Aktivitas Blogging menjadi cara berkomunikasi dan menyebarkan informasi berita paling terkini. Anda yang masih pemula jangan khawatir dengan menulis saja sudah menjadi berita terkini. Jangan khawatir kalah bersaing dengan ribuan blogger yang sudah berpengalaman. Mereka juga masih juga nulis loh..
  • Blogging menjadi sarana bertukar pikiran antar blogger sekaligus bahan komunikasi yang hangat antar mereka. Anda tidak sendirian menulis dan tidak akan ditinggalkan atau dikecewakan. Anda tanya yang kurang paham kepada mereka, maka biasanya langsung dibantu jawabannya. Sungguh asyik kan berkawan dengan mereka walaupun tidak pernah bertatap muka secara langsung.
  • Anda dijamin menjadi penulis yang lebih baik dan profesional. Syaratnya cuma nulis. Jika tidak bisa menulis dengan kalimat baku. Tulisan bahasa gaul juga tak dilarang karena tidak ada batasan apapun dalam menulis. Ribuan kata hingga ratusan ribu kata yang sudah ditulis tidak ada yang menghentikan tulisan kita.
  • Blogging bisa membuat Anda kaya loh, kaya materi dan kaya hati lah..Itu semua bisa didapatkan dengan blogging atau menulis di dunia maya. 

Anda masih pemula sebagai blogger ?
Yuk jalani dan ikuti tips di bawah ini :


Tulis-lah apa Anda sukai
Sudah zamannya menulis sendiri itu lebih baik untuk Anda kalau cuma mengkopy paste mah itu gampang. Namun jaminan kopy paste tidak memberi bekas apapun di jiwa kita karena seringnya mengkopy paste karya orang lain. Keberkahan artikel berkurang. Dengan memiliki blog sendiri Anda dengan bebas berkarya apa saja, mengontrol dan bisa santai mengotak-atik blog sendiri tanpa ada yang intervensi. 

Tulislah apa yang Anda sukai artinya Anda menulis apa saja yang digemari dan disukai. Janganlah menulis dengan paksaan orang lain. Atau karena sekedar ikut tren zaman, setelah itu ditinggalkan karena dirasa tidak menghasilkan apa-apa. Menulis dengan pembahasan yang disukai memberi keuntungan tersendiri. Diantaranya dapat dengan leluasa meluangkan pikiran dan ide yang cemerlang untuk menghasilkan sebuah tulisan. 

Contohnya Anda suka menulis cerita, kayaknya kalau bercerita lebih gampang dari pada mengupas ulang materi orang lain. Nah..dari bab 'cerita' Anda mulai menulis. Cerita yang disampaikan disesuaikan dengan bahasa Anda yang bisa dipahami oleh diri Anda dan orang lain. Jika Anda berkewarnegaraan Indonesia ya maka tulislah dengan bahasa Indonesia. Menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar salah satu persyaratan jika para pembacanya orang Indonesia. Namun tak masalah jika Anda gunakan bahasa Indonesia Gaul.

Jadilah berbeda dengan Blogger Lain
Apa saja yang Anda tulis akan menjadi patokan Anda dalam memulai aktifitas blogging. Memilih topik dan pembahasan haruslah disesuaikan dengan kemampuan diri Anda dalam menguraikan materi pokok itu. Bila Anda suka menulis tentang kerajinan tangan, maka tulislah tentangnya, jangan ditunda lagi. Atau apa keahlian lain yang Anda miliki : Apakah membuat rumah, membuat pesawat mainan, memasak, jualan, membantu keluarga, mengajar, membuat kerajin tangan, atau apalah yang Anda bisa mempraktekkannya. 

Jika Anda menyukai jalan-jalan ya, tulislah kisah Anda tentang perjalanan yang dimulai dari rumah hingga ke tempat tujuan. Jangan hiraukan dengan bahasa baku atau tidak baku. Itu nanti jika Anda sudah lama menulis baru berfikir ke bahasa yang baku. Tapi bagi Anda yang pemula jauhi pikiran yang menyatakan bahwa menulis harus dengan bahasa baku.

Dengan pembahasan yang berbeda dengan orang lain akan memberi kesan tersendiri bagi para pembaca. Apalagi sehari-hari Anda menulis masalah tersebut, sudah pasti pembaca akan mengikuti berita yang Anda tulis terutama jika mereka panasaran sekali dengan tulisan Anda. Sudah pasti mereka akan berlangganan tidak ingin ketinggalan info dari Anda.

Contohnya Anda menulis cara menyetir mobil hinnga profesional dalam sekali latihan. Pembahasan ini sangat jarang dibahas di dunia internet. Karena judulnya menggiurkan terutama bagi pembaca yang belum bisa menyetir mobil. Dengan tulisan Anda tentang ini mereka akan membaca perlahan kata demi kata hingga paham. Maka tulislah yang berbeda dengan yang lain.

Menulis itu seperti Anda berbicara
Orang yang gencar dan gemar menulis akan nampak pada kata-kata yang tertulis. Pengaruh yang diberikan kepada pembaca ialah ia akan merasa merasa tepat berada di depan Anda. Walaupun kondisi mereka hanya membaca. Namun dengan tulisan yang menarik lagi kata-katanya santai tapi jelas akan membuat pembaca duduk betah membaca karya kita hingga habis. 

Anda secara sepihak berbicara terus-menerus sedangkan pembaca atau pemirsa akan menyimak dengan antusias dengan cara membacanya. Tulisan tak henti-hentinya dibaca olehnya. Maka ia pun akan tenggelam lagi terhanyut dengan tulisan kita. Menulis sama saja dengan berbicara. Maka saat menulis perhatikanlah kondisi keberagaman pembaca. Tulislah dengan bahasa yang enak dipahami, jangan mempersulit pembaca dalam memahaminya. Karena ia akan langsung meninggalkan begitu saja tanpa pamitan apa-apa disana.

Buatlah tulusan yang gampang dipahami pembaca. Walaupun panjang tapi alur ceritanya menarik dan mudah dipahami akan membuat pembaca ketagihan membacanya. Buatlah tulisan yang selalu mengedapankan etika dengan pemirsa. Membuat kata-kata yang membangkitkan juga membuat mereka betah membaca.

Membuat paragraf singkat tidak terlalu panjang
Ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menulis di dunia maya. Dunia internet yang serba singkat mengajarkan kepada blogger untuk menyingkat dan memperpendek paragraf. Kenapa harus begitu ya ? Anda sendiri bagaimana melihat tulisan yang berisi satu paragraf panjang.  Apakah Anda akan betah membacanya ? Jawabannya ada pada diri Anda.

Perlu diketahui juga salah satu karakter penulisan dalam paragraf ialah memperpendek tulisan. Tulisan yang pendek dalam kalimat juga penting. Enak dibaca , mudah dipahami oleh para pembaca. Berbeda jika Anda terlalu semangat menulis hingga kelupaan. Ternyata yang ditulisnya panjang sekali hingga satu paragraf hampir 1 halaman kertas A4. 

Dengan sering membuat tulisan pendek dalam sebuah paragraf akan menjadi nilai tersendiri untuk sebuah tulisan. Kalimat yang disampaikan secara singkat dan padat sangat dinanti pembaca. Seperti Anda juga tidak ingin membaca kalimat yang panjang. Sehingga inti dari pembahasan tak tercapai pada tujuannya. Maka tiap kali menulis disarankan selalu melihat panjang pendeknya suatu paragraf. Ini dilakukan  demi menghindari kejenuhan pembaca.

Menyajikan konten terbaik dan menarik
Konten salah satu faktor penentu yang mempengaruhi blog. Seorang blogger hendaknya berusaha menyajikan konten yang bagus demi kelancaran trafik blognya. Janganlah membuat konten yang asal jadi. Tidak menimbang-nimbang efek setelahya. Sajian sederhana dan menarik adalah kunci keberhasilan dalam blogging. Maka buatlah konten sebaik mungkin dengan tidak menyinggung pihak lain. 

Menghindari konten yang berbau hasutan dan cacian karena tidak sedikit disukai pembaca. Mereka kini sudah tidak mau lagi terkotori dengan info seperti itu. Karena hanya akan membebani pikiran mereka. Apalagi seorang pembisnis ulung tiap kali konten begitu langsung meninggalkannya. Karena dianggap akan mempengaruhi dirinya saat berbisnis.

Sekali lagi konten terbaik sebuah kunci bagi blog. Maka berusahalah menulis konten yang sederhana tapi berkesan bagi para pembaca. Mereka akan balik berkunjung ke blog Anda karena isi kontennya. Soal isi konten tergantung Anda sendiri. Apakah akan membahas soal bisnis, agama, seni, kesehatan maupun olah raga. 

Yang terpenting dalam konten ialah bahasa yang mudah dipahami. Tidak nglantur kemana-mana. Bahkan membahasnya tidak sesuai topik pembicaraan. Itu akan menyebabkan kemunduran sebuah blog. Karena membuat pembaca merasa dibawa ke arah yang tak ada tujuannya. Meskipun judul yang dibuatnya menarik, tapi ternyata isi konten justru menipu. Maka blog semacam ini tidak akan lagi dikunjungi pembacanya.

Mempunyai kemampuan Fotografi
Keahlian dibidang ini sudah layak sekali digeluti Anda selaku blogger. Tidak pandainya dalam menerapkan gambar di postingan dapat menurunkan daya tarik blog. Gambar yang tak sesuai dengan konten acapkali menjadi alasan pembaca sungkan membaca konten Anda. Kebiasaan gambar terlebih dahulu diletakkan di depan konten. Maka buatlah gambar semenarik mungkin.

Contoh lagi bahas kandungan buah-buahan, tapi gambar yang terpasang gambar mobil. Ini pasti jadi bahan tertawaan para pembaca. Dari sini terlihat bahwa pembuat konten kurang cerdas. Namun hindari juga menambah gambar secara berlebihan. Karena bisa dibilang kontennya lebay gambar. Pembaca akan cuma disibukkan dengan gambar bukan isi kontennya. Pembaca pun beranggapan bahwa kontennya tak berisi apa-apa karena banyak gambar. Berbeda jika pelanggan Anda adalah anak kecil yang kebanyakan mereka suka dengan gambar-gambar.

Jangan lakukan ini ketika anda menulis !!

Selama Anda menjadi blogger yang hobynya memberi info mesti menghindari hal-hal berikut :

* Tidak mengenal siapa pembaca
Salah satu kekeliruan yang mungkin sering banyak dilakukan oleh bloggers ialah tak kenal dengan pembaca. Jika ini dilakukan, maka konten yang ditulis tidak begitu bermanfaat sama sekali. Dengan menciptakan sebuah konten yang bagus perlu memperhatikan siapa yang akan membacanya.

Sebelum Anda menulis kepada siapakah audiens yang akan membacanya. Jika konten target Anda adalah orang dewasa, maka buatlah kata-kata yang sesuai dengan mereka. Namun dari masalah ini juga ada kekurangan yaitu menentukan benar-benar pembacanya adalah orang dewasa. Kita sebagai blogger masih kesulitan menghadapi masalah ini.

Misal, didalam blogger.com ada setingan khusus mengatur konten dewasa atau umum. Kebanyakan kita lebih memilih umum karena jika memilih yang konten untuk dewasa maka akan ada tampilan baru yang menyatakan bahwa pembacanya adalah orang dewasa. Pada mesin ini tidak disertakan secara pasti bahwa pembacanya adalah orang dewasa. Bisa jadi dengan tampilan pertanyaan 'apakah Anda dewasa atau tidak' jika anak pandai membacanya, maka iapun klik ya.

Walaupun ini dibilang suatu kekeliruan tapi kendala seorang blogger yang bermain di blogger.com akan kesulitan menentukan secara pasti bahwa pembacanya adalah orang dewasa. Namun walaupun seperti itu di sana pilihan begitu. Konten umum atau dewasa. Itu diseserahkan kepada Anda sepenuhnya.

* Tidak istiqamah atau konsisten menulis konten
Banyak blogger yang bersemangat di awal-awal menulis dengan niat target uang misalnya. Ia berpacu terus  menulis dalam sehari bisa 5 artikel. Namun lambat laun akhirnya kelelahan menulis sebagai efek negatif kejar target yang membabi buta tanpa rencana yang jelas. Terlalu semangat menulis tanpa dibarengi rencana yang matang sama saja hasilnya nihil nantinya.

Menulis itu kreasi pikiran, tidak asal jadi yang penting kejar target. Tidak, sama sekali tidak. Anda penulis pemula janganlah terpaku dengan tujuan uang tanpa memperhatikan kode etik sebuah tulisan. Jangan asal tulis karena bisa membuat bencana kelak. Sekeras apapun persaingan para penulis dunia maya kita mesti konsisten menghasilkan tulisan walaupun sehari cuma satu artikel.

1 hari 1 artikel jika komitmen itu akan berpengaruh dengan blog Anda kedepannya. Para pengunjung akan mengenal benar jalannya blog Anda yang menyajikan 1 konten sehari. Itu akan menjadi lebih baik dari pada menulis 5 konten perhari malah ujungnya berhenti total. Tulislah apa yang bisa sesuai kemampuan tenaga, pikiran dan waktu Anda.

Sebelum menulis cobalah mengatur waktu, kapan tepatnya menulis tanpa mengganggu aktivitas lainnya. Dengan memperhatikan waktu yang tepat untuk menulis mengantarkan Anda menuju sikap eksis. Memiliki sikap eksis butuh pengorbanan. Terutama waktu Anda. Buatlah semacam kalender terget minimal dalam sehari. Sebagai pemula menulis di blog jauhilah menulis 5-10 konten perhari. Karena itu akan melelahkan bagi Anda yang pemula.

Waktu yang tepat, pikiran yang jernih dan tenaga yang fit sangat mempengaruhi tulisan Anda. Menulis dengan kondisi seperti itu akan berefek positif untuk perkembangan blog Anda.

Terlalu sibuk dengan Search Engine Optimisatio (SEO)
Terlalu menyibukkan diri dengan optimasi hinnga tidak menulis satu artikel pun sangatlah rugi. Target kata kunci yang dipikirkan tanpa menulis apapun percuma saja membuang-buang waktu. Kata kunci sendiri bukanlah kunci pertama blog Anda tersaring mesin google. Tapi padatnya artikel itulah yang membuat blog Ada tersangkut mesin saat pengunjung melakukan pencarian informasi di google.

Berbicara mengenai SEO ini, ada dua kelompok blogger yang berbeda tujuan. Ada penulis yang hanya mementingkan SEO dan ada juga yang acuh tak acuh dengan SEO. Bagi kelompok pertama targetnya masuk di peringkat halaman pertama tanpa mempertimbangkan isi kontennya. Namun sudah usaha keras ingin masuk ke halaman pertama mesin google, tapi malah tidak kesampaian targetnya. Hal itu disebabkan antara judul dan isinya tidak sejalan alias asal jadi.

Bagi kelompok kedua yang tidak mempertimbangkan SEO saat menciptakan konten. Karena dirasa tidak terlalu penting untuk dilakukan. Maka judul yang dibuat pun akan asal jadi hingga tidak sejalan dengan isi kontennya. Dengan kata kunci pada judul yang tidak memperhatikan isi kontennya akan menyebabkan tidak terbacanya postingan tersebut oleh mesin google.

Maka solusinya ialah buatlah judul dengan melihat kata kunci. Dan buatlah isi konten yang bersesuaian dengan judulnya. Sehingga judul dan isi sejalan dan selaras. Maka mesin google pun mudah menemukan blog Anda. Demikian juga para pengunjung akan merasa senang membaca artikel Anda karena ada kesesuaian.

Menitik beratkan untuk diri sendiri
Isi konten blog tidak selamanya menceritakan diri Anda, profesi Anda , kegemaran Anda atau pun pekerjaan Anda. Untuk mengisahkan siapa Anda cukup pada profil saja karena di sanalah tempatnya yang tepat. Karena profil di ruang ini sudah menyediakan elemen yang kami sebutkan di atas. Cobalah untuk mengenalkan siapa diri Anda di kolom profil blog.

Sebuah blog yang hanya berputar pada bisnis, jenis produk, bagaimana cara menggunakan produk Anda itu tidak banyak diminati pengunjung. Apalagi membaca kedua kalinya da berkunjung kedua kalinya. Bagaimana perasaan Anda melihat blog yang cuma itu-itu saja yang ditampilkan ? Sudah pasti Anda bosan atau jenuh. Maka khusus untuk blog buatlah informasi yang terkini dalam tiap harinya.

Tidak memiliki spesifikasi yang jelas
Blog yang gado-gado bisa dibilang menguntungkan karena topik yang disajikan banyak. Namun sisi lain bagi pembaca tidak begitu fokus berkunjung kembali karena mereka akan menunggu waktu yang lama dengan sub pembahasan yang sama. Biasanya tipe blog semacam ini mengharapkan banyak pengikutnya.

Tidak jadi masalah buat blogger yang memiliki tipe seperti ini karena ia akan mengetahui resiko yang akan menimpanya. Khusus buat Anda yang masih pemula hendaknya tidak mengambil jalur seperti ini. Buatlah yang spesifikasi yang khusus untuk blog baru Anda. Misalkan Anda hanya akan mengisi tentang berita saja atau dua sub pembahasan sekitar masalah pendidikan. Ini langkah pertama bagi blogger pemula.

Cara yang seperti kami arahkan di atas bisa membantu Anda yang pemula dalam menjelajahi aktivitas blogging. Cobalah dari yang kecil kemudian setelah Anda sudah mahir membuat tulisan baru menambah pokok bahasan lain. Dengan langkah seperti itu memudahkan Anda saat menghadapi urusan yang lebih komplek lagi. Kapan blog gado-gado bisa Anda gunakan ? yaitu saat Anda sudah mahir menulis secara konsisten 5 -10 artikel perhari.


Suka mengkopy paste karya orang lain
Gemar kopy paste karya orang untuk ditempelkan di blognya adalah kesalahan pertama bagi Anda yang pemula. Seorang blogger pemula sebaiknya hindari suka mengekor karya orang lain. Itu akan menyebabkan kepercayaan pembaca menurun, apalagi mereka memberi tahu kepada pihak pembaca lain bahwa blog Anda adalah blog plagiat. Usaha kopy paste sudah dianggap melanggar di dunia hak cipta.

Semakin banyak konten yang Anda kopy paste karya orang lain menandakan bahwa Anda bertipe rendah. Pemalas, tapi inginnya cepat sukses. Apapun yang Anda lakukan hendaknya mencari kehalalan dan keberkahan. Karena semua target kita bukan cukup di dunia saja, namun target kita yang paling utama meraih kebahagiaan dunia akhirat.

Hoby mencuri karya orang lain dengan cara mengkopy paste dan menyatakan dialah yang membuatnya adalah tindakan orang bodoh. Tindakan seperti ini sangat dilarang dalam agama Islam. Hampir semua agama memiliki ajaran tidak boleh mencuri. Maka hindarilah kopy paste karya orang lain. Karena itu semua membuat Anda tambah menjadi orang pemalas.

Adapun mereview kembali atau menjelaskan ulang dari pembahasan blogger lain bukan termasuk plagiat. Bagi yang kurang idenya bisa melihat blogger lain apa yang ditulisnya. Kemudian kita tulis ulang lagi dengan kata-kata sendiri. Usaha ini akan berkah tanpa harus mengkopy paste punya orang lain. Ini bisa dilakukan bagi orang yang kurang ide dalam membuat rencana pembahasan.

Tidak konsisten dalam proses
Jangan dikira masuk ke dunia blogging langsung dapat hasil yang diinginkan. Anda perlu proses dengan banyak pengorbanan. Keseriusan bukan coba-coba ialah kunci Anda berhasil kedepannya. Usaha apa saja menuju kesuksesan harus melalui beberapa tahap. Proses ini yang membuat menciut para blogger pemula yang baru memulai blogging. Siapapun Anda mesti melalui proses yang panjang dan siap menghadapi rintangan.

Salah satu yang akan hadapi ialah kejenuhan menulis. Ditambah lagi dengan hilangnya ide untuk menulis. Keduanya merupakan aspek yang mempengaruhi jiwa Anda sebagai penulis. Bagaimana melawan kejenuhan ? langkahnya buatlah badan menjadi rileks seperti duduk sambil berbincang-bincang dengan keluarga atau teman. Atau juga lakukan olah raga ringan bersama keluarga atau teman. Insya Allah ide akan muncul kembali dan kembali menulis.

Rintangan yang lain ialah apa yang diharapkan masih dibilang kurang memuaskan. Contohnya sang penulis membuat terget dalam sebulan berada dihalaman pertama. Namun tetap saja diurutan halaman sekain. Atau sudah beberapa bulan pengunjung masih relatif minim. Sepinya pengunjung yang membaca menjadi rintangan juga bagi para penulis pemula.

Kejadian-kejadian di atas wajar dan nyata. Bukan mengada-ada, akan dialami tiap blogger pemula yang sedang semangatnya. Maka masalah tersebut harus dihadapi bukan malah mundur tidak menulis lagi. Karena dengan menghadapi tiap problem Anda akan terbiasa. Jalan keluar dari masalahpun akan segera berakhir. Yang terpenting ialah jaga konsistensi menulis walaupun satu artikel perhari.

Terlalu fokus pada kuantitas tapi  mengabaikan kualitas
Blogger yang hanya mengedepankan kuantitas postingan dengan jumlah ratusan postingan tapi malah mengenyampingkan kualitas konten tidaklah benar. Dunia menulis harus memikirkan juga kualitas kontennya. Apakah bermanfaat atau tidak. Itu direnungi baik-baik. Membuat konten yang asal jadi tanpa memperhatikan kualitas adalah kerugian besar. Konten Anda akan dianggap sampah yang memenuhi halaman blog. Pengunjung pun enggan balik lagi ke blog Anda.

Belajarlah membuat konten yang berkualitas. Konten berkualitas memilki tanda sendiri, diantaranya pembaca terpengaruh dengan artikel tersebut. Atau pembaca tidak dibuat pening tujuh keliling alias bahasa yang disampaikan mudah dipahami. Atau juga dikatakan berkualitas kontennya ada penyesuaian antara judul dengan isinya.

Struktur postingan yang amburadul
Postingan yang rapi akan enak dipandang. Antar satu kata dengan kata berikutnya ada jeda satu spasi. Tulisan dengan rataan semua rata menjadi pilihan bagi para blogger pada umumnya. Ada juga blogger yang memilih rataan kiri pada postingannya.

Salah satu manfaat yang kita dapat dari postingan terstruktur ialah tulisan lebih mudah dibaca. Berbeda dengan tulisan yang acak-acakan. Bingung bacanya, rumit memahaminya. Mengenai penambahan gambar di dalam postingan bukanlah hal yang wajib, namun itu ada nilai tersendiri di sebagian pembaca. Tapi terlalu banyak gambar juga membebani pandangan. Gambarnya yang sedang-sedang saja, itu sudah pas.

Judul yang kurang tepat
Judul terlalu pendek dan terlalu panjang akan mempengaruhi bagus tidaknya sebuah postingan. Judul yang asal jadi tidak kurangnya seperti postingan yang asal jadi. Jadi sama saja karena judul dengan isi artikel sangat erat hubungannya.

Judul yang buruk juga menyebabkan anjlognya traffic menjadi buruk. Judul menjadi bagian utama dalam tiap artikel. Semakin judul dibuat menarik maka semakin banyak orang yang ingin membacanya. Namun jauhilah mengadakan penipuan judul hingga membuat pembaca merasa dikecewakan.

Pengunjung yang sudah dikecewakan dengan judul dipastikan tidak kembali ke blog tersebut. Karena pengunjung tidak akan kembali masuk ke lubang yang sama. Dengan demikian judul dengan isi postingan memiliki andil yang besar untuk kemajuan blog.

Membuat judul yang menarik perhatian pembaca butuh latihan dan pengalaman. Latihannya ialah dengan menggunakan keyword planner dari google. Dengan menggunakan fasilitas itu kita dapat menentukan judul yang pas. Karena kita ingin artikelnya tampil di google. Jadi harus menggunakan fasilitas tersebut untuk memastikan judul yang tepat.

Menggunakan fasilitas keyword planner yang diberikan google bersifat gratis asal Anda mengetahui caranya. Untuk mudahnya kunjungi link berikut :
http://www.gurukublogger.com/2018/01/menggunakan-keyword-planner.html
Dengan sering menggunakan fasilitas ini akan memudahkan Anda mendapatkan judul yang pas sesuai isi konten yang sudah dibuat. Berusahalah untuk mudah dikenal orang banyak. Buatlah dua kata hingga tiga kata sebagai kunci judul yang bisa ditelusuri oleh mesin google.

Tidak sering mengedit tulisan
Jika Anda sebagai blogger, mungkin ada kata yang ketinggalan hurufnya. Maka ini perlu ditambahi agar terkesan blog Anda profesional. Pembaca yang menemukan kata yang kurang pada huruf bisa berhenti membaca di situ. Kadang juga akan mengeja kata tersebut karena tidak lengkap susunan hurufnya. Ini dapat membuat pembaca menjadi jenuh. Maka seringlah mengedit tulisan Anda dalam rangka memberi kenyamanan kepada pembaca.

Apalagi pembaca yang jeli dan teliti, mereka tidak sungkan meninggalkan tulisan yang banyak kesalahan. Karena dirasa akan memperlambat waktu membacanya. Dengan sebab itu kita sebagai blogger harus berhati-hati dalam menulis. Karena akan berefek pada postingan kita sendiri. Satu atau dua kata yang salah dapat dimaklumi pembaca. Tapi bagaimana jika kesalahan lebih dari 5 kata. Ini sunnguh akan membuat pembaca berfikir ulang untuk melanjutkan bacaanya.

Mengedit tulisan juga ada pada uraian katanya. Maksudnya ialah satu kata dengan kata berikutnya selalu berhubungan. Keteraturan membuat kata-kata hingga menjadi kalimat sangat penting dilakukan oleh blogger. Demikian juga antar kalimat dengan kalimat berikutnya saling mendukung. Bukan malah bertabrakan pembahasannya, demikian juga antar paragraf harus saling menguatkan bukan saling melemahkan.

Maka anggapan kita sudah layak diterbitkan tanpa pengeditan bukanlah cara tepat dalam publikasi artikel. Sebelum diterbitkan tidak salahnya kita mengedit terlebih dahulu. Karena postingan yang tak diedit sama sekali akan kelihatan oleh pembaca. Mereka tahu seperti itu karena seringnya menjumpai banyak kata yang kurang huruf atau salah. Ini harus kita hindari sedini mungkin. Janganlah beranggapan sudah layak diterbitkan padahal belum diedit.

Satu manfaat lain dari pengeditan ialah menghindari kesalah pahaman dari pembaca terhadap maksud artikel kita. Pembaca akan salah memahami tek tulisan jika banyak kata yang tak berkaitan dengan kata sebelumnya. Pembuat tulisan hanya cuma nulis tapi tak mengedit. Ini kekeliruan yang terjadi pada blogger yang tergesa-gesa ingin tulisannya tersebar luas. Namun jika tulisan Anda sudah layak dipublikasikan, maka okelah..^^

Setelah membaca tulisan ini, jangan lupa berbagi ^^

Thanks for reading & sharing Sajian Guru Blogger

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

Cari Info

Ikuti Info Terbaru

Powered by Blogger.
  • ()
  • ()
Show more

Labels

Total Tayangan

Post Populer

Ikuti Blog Ini