Home » , » Membackup Blog Semua Postingan Sebelum Hilang Ditelan Mesin Tanpa Diketahui "Sebabnya'

Membackup Blog Semua Postingan Sebelum Hilang Ditelan Mesin Tanpa Diketahui "Sebabnya'

Dunia ngeblog sudah menjadi jagonya para blogger dalam menuangkan pikirannya untuk disampaikan kepada khayalak umum.  Seorang Blogger dengan susah payah menulis dari pagi, siang dan malam tapi usahanya akan sia-sia dalam sekejap jika tiba-tiba blognya menghilang. Dengan kehilangan blog yang sudah ditulisnya menjadi musibah bagi seorang blogger.


Dunia ngeblog sudah menjadi jagonya para blogger dalam menuangkan pikirannya untuk disampaikan kepada khayalak umum.  Seorang Blogger dengan susah payah menulis dari pagi, siang dan malam tapi usahanya akan sia-sia dalam sekejap jika tiba-tiba blognya menghilang. Dengan kehilangan blog yang sudah ditulisnya menjadi musibah bagi seorang blogger.

Sebelum kejadian tersebut menimpa kita selaku blogger atau webmaster alangkah baiknya melakukan cara dengan membackup blog. Dunia backup sudah sering kita dengar terutama backup hardisk, backup template, apalagi backup blog. Ini semua hal yang wajar yang mesti kita lakukan untuk menyelamatkan blog kita dari masalah yang tidak kita inginkan.

Kejadian yang telah dialami oleh sebagian blogger sudah layak menjadi pelajaran bagi kita untuk membackup blog. Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan bagi tiap blogger jika ingin blognya tetap utuh sepanjang zaman. Kita tidak tahu serangan gangguan sistem dari luar yang lebih kuat dari sistem pelayanan yang selama ini kita gunakan. Dengan adanya langkah membackup blog maka jika gangguan tersebut datang, maka data kita masih terselamatkan.

Kita pun tidak jadi khawati lagi karena isi semua blog sudah dievakuasi sementara ke situs penyedia backup blog. Situs penyedia backup blog ternyata sudah ada di blogger.com. Khusus bagi Anda pengguna Blogger.com bisa langsung membackup tulisan Anda tiap kali memposting tulisan terbaru untuk disimpan ke dalam komputer Anda. Dengan melakukan kegiatan ini kita akan merasa nyaman karena isi tulisan blog sudah berada dikomputer kita. Saat ada musibah datang (semoga saja tidak ada) kita sudah melakukan antisipasi penyimpanan data isi blog yang sudah ditulis.

Karena kita gunakan blogger.com dari layanan gratis google jadi proses backup pun tak usah membayar. Nah bagi Anda yang menggunakan layanan blogger.com ini bisa langsung membackup tiap tulisan dari blog untuk dipindahkan ke dalam komputer. Sekarang saja Anda lakukan, jangan menunda waktu lagi. Karena musibah bisa datang secara mendadak dan ini tidak kita inginkan.

Jadi membackup blog adalah sangat penting untuk dilakukan sekarang. Jangan ditunda lagi sebelum terkena kejadian yang sama yang dirasakan oleh sebagian blogger. Pepatah mengatakan " Sedia Payung Sebelum Hujan ", artinya Anda backup dulu blog Anda sebelum datang musibah. Nah sekarang bagaimana caranya yah , ikuti saja tutorial di bawah ini :

  1. Kunjungi situs https://www.blogger.com 
  2. Anda akan diarahkan ke dalam dasboard blog. Pilih 'setelan' lalu klik ' lainnya'.
  3. Pilih ' backup konten '.
  4. Akan muncul popup untuk penyimpanan datanya ke komputer lalu pilih ' simpan ke komputer '.
  5. Proses backup blog meliputi isi konten, komentar dan halaman akan memakan waktu sesuai dengan jumlah konten yang Anda buat. Konten yang jumlahnya ribuan akan memakan waktu agak lama bila dibandingkan jumlah kontennya tidak lebih dari 500 konten.
  6. Jika ingin mengembalikan artikel yang sudah dibackup, maka cukup dengan mengeklik 'impor konten'

Inilah cara Membackup Blog secara keseluruhan sudah kami berikan untuk Anda..kami rasa cukup mudah untuk dipraktekkan.

Semoga Anda senang dan mengerti betapa pentingnya membackup blog sebelum terlambat. Atas izin Allah postingan ini kami cukupkan di sini saja. Sekiranya ada pertanyaan dan diskusi monggo nulis di komentar saja..insya Allah kami akan mencoba membantu keluhan Anda.

Jangan lupa berbagi dengan lainnya

Thanks for reading & sharing Sajian Pendidikan Guru

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalin komentar terbaik Anda^_^

iklan google

pencarian

  • ()
  • ()
Show more